ANALISIS RISK BASED CAPITAL, RASIO UNDERWRITING, RETURN ON INVESTMENT DAN PENINGKATAN PENDAPATAN PREMI TERHADAP LABA PERUSAHAAN ASURANSI JIWA (Studi Kasus Pada Perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia Tahun 2013-2015)

GRACE ANDYRA SIMATUPANG

Informasi Dasar

17.04.1604
332.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini di Indonesia perusahaan asuransi semakin bertambah banyak seiring dengan kebutuhan masyarakat atas perlindungan dan jaminan kehidupan di tengah era kemajuan ekonomi saat ini. Partisipasi sektor perusahaan asuransi tertinggi berdasarkan persentase Investasi menurut jenis usaha diperoleh Perusahaan Asuransi Jiwa yaitu sebesar 47,8%. Laba adalah salah satu parameter perusahaan untuk mengukur peningkatan atau penurunan kinerja pada perusahaan. Di samping itu faktor-faktor yang mempengaruhi laba dalam perusahaan Asuransi Jiwa itu sendiri antara lain adalah Risk Based Capital, Rasio Underwriting, Return on Investment dan Peningkatan Pendapatan Premi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan asuransi jiwa tahun 2013-2015. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 10 perusahaan. Adapun teknik analisisnya menggunakan analisis data panel, untuk menguji pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan Risk Based Capital, Rasio Underwriting, Return on Investment dan peningkatan pendapatan premi berpengaruh secara signifikan terhadap laba perusahaan asuransi jiwa. Selain itu, secara parsial Risk Based Capital, Rasio Underwriting, Return on Investement dan peningkatan Pendapatan Premi tidak berpengaruh signifikan terhadap laba perusahaan asuransi. Berdasarkan pengujian koefisien determinasi menunjukan bahwa nilai R-squared diperoleh sebesar 0,870186 atau 87,02% berarti bahawa Risk Based Capital, Rasio Underwriting, Return on Investment dan Peningkatan Pendapatan premi mampu menjelaskan variebel dependen yaitu laba asuransi jiwa sebesar 87,02% sedangkan sisanya 12,98% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. Kata Kunci: Risk Based Capital, Rasio Underwriting, Return on Investment, Peningkatan Pendapatan Premi dan laba asuransi jiwa.

Subjek

INVESTMENT ANALYSIS
 

Katalog

ANALISIS RISK BASED CAPITAL, RASIO UNDERWRITING, RETURN ON INVESTMENT DAN PENINGKATAN PENDAPATAN PREMI TERHADAP LABA PERUSAHAAN ASURANSI JIWA (Studi Kasus Pada Perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia Tahun 2013-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GRACE ANDYRA SIMATUPANG
Perorangan
Sri Rahayu, Kurnia
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini