Aplikasi Pengelolaan Pembelian dan Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode FIFO (Studi Kasus di Narista Shoes, Bandung)

DIO OKA SANDY

Informasi Dasar

17.06.281
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pembelian bahan baku pada perusahaan dilakukan apabila stok bahan baku sudah habis. Jika proses manajemen persediaan bahan baku tidak dilakukan pada perusahaan, dapat berakibat pada kerugian karena pembelian bahan baku yang tidak dikendalikan. Pembelian bahan baku dapat dikendalikan dengan adanya manajemen persediaan bahan baku, salah satunya dengan menggunakan metode kartu stok First in First Out (FIFO). Metode ini dapat digunakan untuk meminimalkan kelebihan pembelian. Untuk mengatasi masalah di atas, dibuat aplikasi yang memiliki fungsionalitas utama pembelian bahan baku dan manajemen persediaan dengan menggunakan metode FIFO, serta menyajikan laporan akuntansi berupa jurnal umum, buku besar, neraca saldo, kartu stok, dan laporan ikhtisar persediaan bahan baku. Pembangunan aplikasi menggunakan metode berorientasi objek yaitu Unified Modeling Language (UML), Entity Relationship Diagram (ERD), spesifikasi proses. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Hypertext Preprocessor (PHP) dan database MyStructure Query Language (MySQL). Pengujian yang dilakukan dengan metode blackbox testing. Aplikasi yang dibuat dapat mengelola master data, pembelian bahan baku, mengelola persediaan bahan baku, dan menampilkan laporan akuntansi berupa jurnal umum, buku besar, neraca saldo, kartu stok, dan laporan ikhtisar persediaan bahan baku. Dengan aplikasi ini pembelian bahan baku pada perusahaan dapat dikendalikan.

Kata Kunci: Manajemen, pembelian, persediaan, FIFO

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Pengelolaan Pembelian dan Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode FIFO (Studi Kasus di Narista Shoes, Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIO OKA SANDY
Perorangan
Anak Agung Gde Agung, Rochmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini