IMPLEMENTASI ANDROID UNTUK IDENTIFIKASI POLA RUGAE PALATINA PADA INDIVIDU MENGGUNAKAN METODE DISCRETE WAVELET TRANSFORM (DWT) DAN LEARNING VECTOR QUANTIZATION (LVQ)

DEVI NAAFIYANDIKA SUTOPO

Informasi Dasar

17.04.1542
621.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Rugae palatina merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang terletak di dalam rongga mulut. Pada setiap individu memiliki karakteristik pola Rugae palatina yang berbeda-beda, perbedaan pola tersebut dapat dijadikan sarana identifikasi individu, misal untuk identifikasi korban kebakaran yang kondisi fisiknya sudah tidak memungkinkan lagi atau hancur. Rugae palatina memiliki sifat konsisten, stabil sepanjang hidup dan tidak akan berubah baik pola ataupun karakteristiknya serta akan lebih terjaga karena berada di dalam rongga mulut. Sample pola Rugae palatina atau cetakan rugae tersebut diperoleh melalui kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran dan mahasiswa Universitas Telkom. Metode identifikasi pola yang digunakan adalah Metode Wavelet Transform (DWT) dan Learning Vector Quantization (LVQ). Hasil yang diperoleh dalam tugas akhir ini yaitu sebuah sistem yang diimplementasikan kedalam aplikasi berbasis android yang dapat digunakan dalam mengidentifiksi pola rugae palatina pada individu. Latar belakang implementasi ke dalam aplikasi android yaitu untuk menunjang fleksibilitas dalam perangkat atau sistem. Sistem tersebut mempunyai performasi dengan tingkat akurasi sebesar 85.9682% dan waktu komputasi 3.5720 detik dengan menggunakan 37 sampel citra latih dan 15 citra uji. Dengan adanya sistem ini dapat menjadi pembanding dalam identifikasi rugae palatina dengan menggunakan metode yang berbeda dan dapat bermanfaat untuk dunia odontologi forensik dalam melakukan identifikasi pola rugae palatina.

Kata kunci: Discrete Wavelet Transform, Rugae Palatina, Learning Vector Quantization

Subjek

Image processing - signal processing
 

Katalog

IMPLEMENTASI ANDROID UNTUK IDENTIFIKASI POLA RUGAE PALATINA PADA INDIVIDU MENGGUNAKAN METODE DISCRETE WAVELET TRANSFORM (DWT) DAN LEARNING VECTOR QUANTIZATION (LVQ)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEVI NAAFIYANDIKA SUTOPO
Perorangan
BAMBANG HIDAYAT, DUDI ARIPIN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini