Analisis Realisasi Metode Viola-Jones Untuk Deteksi Wajah Pada Kamera CCTV Berbasis Embedded

I GUSTI NGURAH MADE KRIS RAYA

Informasi Dasar

17.04.1521
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan monitoring dalam aspek keamanan sangat banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir segala bidang dalam industry menerapkan monitoring ini untuk mengawasi dan menjaga keamanannya dari suatu hal penting yang tidak diinginkan, seperti adanya maling dan semacamnya. Dan dalam mengawasi setiap pergerakan objek ini dibutuhkan sebuah sistem pendeteksi wajah yang mendeteksi setiap wajah manusia yang masuk ke suatu gedung yang sedang di monitoring. Pendeteksian wajah (face detection) adalah salah satu tahap awal yang sangat penting dalam sistem pengenalan wajah (face recognition) yang digunakan dalam identifikasi biometrik.

Pada tugas akhir ini, dilakukan sebuah penelitian yang menggunakan sebuah sistem pendeteksi wajah menggunakan metode Viola-Jones yang dipasang pada suatu kamera pengawas dalam suatu ruangan. Kamera ini mendeteksi setiap wajah dari suatu objek yang tertangkap pada kamera. Gambar hasil deteksi ini kemudian dikirimkan ke server dan disimpan dalam sebuah database.

Hasil dari tugas akhir ini adalah kamera CCTV dapat menerima masukan dari laser range finder dengan baik. Dan saat menerima masukan dari laser range finder kamera dapat mengarah menuju lokasi objek yang dikirimkan, dan seketika dengan metode Viola-Jones dapat mendeteksi wajah manusia lebih dari satu dan mengambil gambarnya secara real-time. Tingkat keberhasilan dari deteksi ini adalah 77,08% dengan posisi ideal wajah menghadap langsung ke kamera. Hasil deteksi wajah inilah yang di tangkap oleh kamera yang kemudian hasil akhir gambar dikirim menuju server untuk diproses lebih lanjut oleh suatu aplikasi mobile.

Kata kunci : Deteksi Wajah, Viola-Jones, Sistem Keamanan Gedung

Subjek

IMAGE PROCEESING
 

Katalog

Analisis Realisasi Metode Viola-Jones Untuk Deteksi Wajah Pada Kamera CCTV Berbasis Embedded
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I GUSTI NGURAH MADE KRIS RAYA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CEG3C3 - DESAIN BASIS DATA
  • CEG4L3 - SISTEM MULTIMEDIA
  • CSH5A3 - STANDAR DAN SISTEM MULTIMEDIA
  • CSH6P3 - TOPIK KHUSUS DALAM APLIKASI MULTIMEDIA, ISI & KOMUNIKASI
  • CEH4B3 - SISTEM MULTIMEDIA
  • CEH4E3 - COMPUTER VISION A
  • TKI4H3 - SISTEM MULTIMEDIA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini