PENGAMBILAN KEPUTUSAN MULTIKRITERIA UNTUK PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU KAIN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DI PT. XYZ

KEMALTAZA PUTRA

Informasi Dasar

17.04.1519
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di sektor industri pakaian jadi atau garmen dimana perusahaan ini memproduksi produk pakaian jadi atau garmen. PT. XYZ menerima permintaan produksi garmen dari berbagai perusahaan yang memiliki brand fashion baik dari dalam maupun luar negeri yang biasa disebut sebagai buyer. Selain itu, PT. XYZ juga melakukan pengadaan bahan baku produksi dari berbagai supplier lokal maupun luar negeri. Seiring dengan perkembangan industri garmen, maka permintaan akan produksi garmen juga meningkat. Untuk dapat tetap bersaing dengan industri yang serupa dan tetap dapat menjaga service level yang baik kepada buyer, maka perusahaan perlu memperhatikan kinerja dari setiap proses salah satunya proses pengadaan bahan baku kain dari supplier lokal. Sejauh ini, kinerja supplier bahan baku kain lokal di PT. XYZ belum mencapai kinerja yang diharapkan yang berujung pada terjadinya permasalahan dari supplier seperti keterlambatan pengiriman, ketidaksesuaian kualitas produk, ketidaksesuaian kuantitas produk, dan sebagainya.

Berdasarkan permasalahan tersebut, strategi pengadaan bahan baku tentunya perlu untuk dilakukan untuk meminimasi permasalahan yang diakibatkan oleh supplier. Salah satu pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan melakukan pengambilan keputusan multikriteria untuk pemilihan supplier bahan baku kain menggunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) untuk mendapatkan rekomendasi alternatif supplier dengan kinerja terbaik menurut kriteria dan subkriteria yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan terhadap karakteristik supplier.

Dari hasil perhitungan penilaian kinerja supplier menggunakan metode FAHP, didapatkan bahwa supplier KHT dapat dijadikan sebagai rekomendasi alternatif supplier bahan baku kain lokal dengan bobot nilai global 0,208 dari 1 terhadap kriteria dan subkriteria yang sudah dirancang.

Kata Kunci: Pemilihan Supplier Multikriteria, Fuzzy Analytical Hierarchy Process

Subjek

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
 

Katalog

PENGAMBILAN KEPUTUSAN MULTIKRITERIA UNTUK PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU KAIN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DI PT. XYZ
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KEMALTAZA PUTRA
Perorangan
Agus Kusnayat, Widia Juliani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • IEG2M3 - PENELITIAN OPERASIONAL I
  • IEG3F3 - PENELITIAN OPERASIONAL II
  • IEG4O3 - MANAJEMEN RANTAI PASOK
  • IEH4H4 - TUGAS AKHIR
  • IEH4M3 - SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
  • IEI5M3 - SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini