ANALISIS DAN PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN BUILD, ACQUIRE AND IMPLEMENT (BAI) (Studi Kasus: PT Sarana Jabar Ventura)

NADA LUTFI RINANTY

Informasi Dasar

17.04.1491
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Sarana Jabar Ventura merupakan sebuah Perusahaan Modal Ventura Daerah pertama di Indonesia yang didirikan dengan tujuan untuk membina pengusaha kecil dan menengah di Jawa Barat melalui pembiayaan dan pembinaan manajemen. Berdasarkan hasil wawancara menyimpulkan bahwa PT Sarana Jabar Ventura belum menerapkan suatu praktik tata kelola teknologi informasi. Hal ini didasari dengan tidak adanya kebijakan dan prosedur terkait tata kelola TI di perusahaan. Sehingga diperlukan suatu perancangan tata kelola TI pada PT Sarana Jabar Ventura. Pada penelitian ini kerangka kerja yang digunakan adalah COBIT 5 yang merupakan panduan dalam melakukan perancangan tata kelola TI bagi PT Sarana Jabar Ventura. Penelitian ini akan dilakukan pada domain Build, Acquire and Implement (BAI) dengan memfokuskan pada proses BAI01 Manage Programmes and Projects, BAI02 Manage Requirement Definitions, BAI03 Manage Solutions Implement and Build, dan BAI08 Manage Knowledge. Perancangan tata kelola TI akan dilakukan analisa seven enabler existing dan mengidentifikasikan gap analysis yang dimiliki perusahaan dengan kondisi ideal pada COBIT 5. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi perancangan model tata kelola TI dan perancangan dokumen tata kelola TI terhadap proses BAI01 Manage Programmes and Projects, BAI02 Manage Requirement Definitions, BAI03 Manage Solutions Implement and Build, dan BAI08 Manage Knowledge. Sehingga diharapkan perancangan tata kelola TI dapat diterapkan dengan baik pada PT Sarana Jabar Ventura dalam menerapkan praktik tata kelola teknologi informasi.

Kata Kunci: COBIT 5, Tata Kelola Teknologi Informasi, Seven Enabler, BAI

Subjek

GOOD CORPORATE GOVERNANCE
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN BUILD, ACQUIRE AND IMPLEMENT (BAI) (Studi Kasus: PT Sarana Jabar Ventura)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADA LUTFI RINANTY
Perorangan
Yuli Adam Prasetyo, Rahmat Maulana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • ISG4N3 - MANAJEMEN RESIKO DAN KEAMANAN INFORMASI
  • ISG4O3 - AUDIT DAN KONTROL SISTEM INFORMASI
  • ISG3L3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini