USULAN RANCANGAN METODE KANBAN UNTUK MEMINIMASI WASTE INVENTORY PADA PROSES PRODUKSI TUTUP BOTOL OLI AHM BIRU DI AREA INJECTION MOLDING DAN FINISHING PADA CV. WK MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING

QONITAH ZAHIDAH

Informasi Dasar

17.04.1443
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV. WK berdiri pada tahun 2000. Perusahaan ini bergerak di bidang Produksi Injection Plastik dan juga Mould Maker, yang bertujuan memberikan pelayanan produksi khususnya di bidang plastik. Jenis Produk Plastik yang diteliti dalam penelitian ini fokus pada tutup botol oli AHM berwarna biru. Berdasarkan data perusahaan, terdapat beberapa keterlambatan pengiriman produk tutup botol oli AHM pada bulan Januari hingga Oktober 2016. Berdasarkan permasalahan keterlambatan pengiriman tersebut, maka dengan menggunakan pendekatan lean manufacturing dilakukan pemetaan value stream mapping (VSM) current state untuk mengetahui pembuatan produk dari mulai pemesanan sampai produk dikirim ke pelanggan, kemudian dilakukan pemetaan process activity mapping (PAM) current state dengan menjabarkan aktivitas proses produksi yang akan dikelompokkan kedalam kategori aktivitas value added, non value added, dan necessary non value added pada setiap workstation, sehingga didapatkan hasil identifikasi adanya waste inventory sebesar 99,15%. Oleh karena itu, perlu dilakukan rancangan usulan perbaikan untuk meminimasi waste inventory pada area injection molding dan finishing dengan pendekatan lean manufacturing.

Tahap selanjutnya, dilakukan identifikasi akar penyebab waste inventory dengan fishbone diagram dan 5 why’s. Serta untuk tahap penyelesaian masalah pada setiap akar penyebab dari waste inventory dapat dengan menerapkan metode kanban.

Berdasarkan penerapan sistem kanban, didapatkan kartu kontrol produksi dan usulan perancangan produk untuk mendukung berjalannya sistem kanban berupa rancangan kanban post, tempat komponen defect, dan alat bantu dalam transportasi WIP pada area injection molding dan finishing. Kata Kunci: Lean Manufacturing, Value Stream Mapping, Process Activity Mapping, Waste Inventory, Fishbone Diagram, Kanban.

Subjek

LEAN MANUFACTURING
 

Katalog

USULAN RANCANGAN METODE KANBAN UNTUK MEMINIMASI WASTE INVENTORY PADA PROSES PRODUKSI TUTUP BOTOL OLI AHM BIRU DI AREA INJECTION MOLDING DAN FINISHING PADA CV. WK MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

QONITAH ZAHIDAH
Perorangan
MARINA YUSTIANA LUBIS, AGUS ALEX YANUAR
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • IEG4M3 - LEAN SIX SIGMA
  • IEG4AA - SISTEM PRODUKSI TEPAT WAKTU
  • IEH4H4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini