Evaluasi Performansi Protokol Routing DSR dan AODV pada Simulasi Jaringan Vehicular Ad-Hoc Network (VANET) untuk Keselamatan Transportasi dengan Studi Kasus Mobil Perkotaan

PUJI DWIKA PRADANA

Informasi Dasar

17.04.1394
621.381 537
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Vehicular Ad-Hoc Network (VANET) merupakan pengembangan dari Mobile Ad-Hoc Network (MANET) yang memungkinkan komunikasi Inter Vehicle Communication (IVC) dan atau Roadside-to-Vehicle (RVC). Karakteristik dasar VANET yaitu mobilitas node tinggi sehingga menyebabkan perubahan yang cepat pada topologi jaringan. Hal ini disebabkan karena topologi jaringan VANET sering berubah, mencari dan mempertahankan rute adalah hal terpenting pada VANET. Dengan demikian perlu dipilih routing protocol yang dinilai cocok dan efisien sehingga pengiriman data dapat berlangsung secara maksimal.

Mengenai kendaraan yang akan direpresentasikan yaitu menggunakan mobil jenis perkotaan. Beberapa hal yang dapat dibahas yaitu mengenai perbedaan masalah yang relevan terhadap komunikasi Vehicle-to-Vehicle (V2V), serta menganalisis solusi teknologi yang ada guna mengatasi masalah mengenai keselamatan transportasi. Routing protocol sangat berpengaruh terhadap performansi jaringan dan digunakan untuk menghadapi tantangan terkait topologi jaringan yang dinamis.

Pada tugas akhir ini akan menganalisa beberapa protokol routing berbasis Topology yang performansinya paling baik diterapkan pada jaringan VANET yaitu DSR dan AODV yang menggunakan kondisi perempatan jalan Buah Batu dan Soekarno-Hatta (Urban). Dari hasil simulasi menggunakan NS-2 diperoleh bahwa dalam lingkungan perkotaan, protokol routing DSR lebih baik dibandingkan AODV. Protokol routing DSR memiliki nilai performansi yang lebih baik pada parameter yang digunakan pada kondisi ketika terjadi insiden yaitu packet delivery ratio, average throughput, routing overhead, normalized routing load, dan end to end delay dengan nilai rata-rata 80.44%;82.01%, 431.61 kbps;436.63 kbps, 0.96;0.82, 1.06;0.96, dan 3.45 ms;3.51 ms, sedangkan pada AODV memiliki nilai rata-rata 77.84%;79.87%, 419.64 kbps;421.22 kbps, 1.48;1.16, 1.86;1.56, dan 3.56 ms;3.62 ms. Hal tersebut menunjukkan bahwa protokol routing DSR lebih unggul digunakan pada mobil jenis perkotaan dengan kondisi lingkungan perkotaan.

Kata kunci : VANET, NS-2, DSR, AODV, Mobil Perkotaan.

Subjek

TELECOMMUNICATION ENGINEERING
 

Katalog

Evaluasi Performansi Protokol Routing DSR dan AODV pada Simulasi Jaringan Vehicular Ad-Hoc Network (VANET) untuk Keselamatan Transportasi dengan Studi Kasus Mobil Perkotaan
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUJI DWIKA PRADANA
Perorangan
Ridha Muldina Negara, Favian Dewanta
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini