PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR OLEH GURU SD DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ( Studi Kualitatif Pada Pemanfaatan Internet Sebagai Media Belajar di SD Negeri Pelabuhan 1 Desa Pelabuhan Kec.Sukahaji Kab.Majalengka )

BIQI MUNSYI

Informasi Dasar

17.04.1359
371.334
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak Perkembangan teknologi yang semakin meningkat membuat internet menjadi salah satu kebutuhan setiap manusia. Setiap hal dapat diselesaikan lebih mudah dengan menggunakan fasilitas internet, termasuk dalam kebutuhan pendidikan. Selain itu, akses jaringan internet pun kian meluas. Seperti SDN Pelabuhan 01 yang terletak di sebuah Desa di Majalengka, saat ini telah memiliki fasilitas internet. Proses belajar-mengajar yang terjadi di SD tersebut telah memanfaatkan internet sebagai alat bantu dalam mentransfer ilmu atau sebagai media pembelajaran. Para Guru dapat memanfaatkan internet untuk menambah referensi tentang cara ajar yang bermacam-macam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan internet pada kalangan guru dalam kegiatan belajar mengajar di SDN Pelabuhan 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Selain mendapatkan data dari buku-buku, jurnal ataupun penelitian terdahulu, penelitian ini memperoleh data melalui metode wawancara langsung dengan 4 orang informan yang memiliki keterkaitan dengan penelitian ini. Ke empat informan tersebut terbagi atas dua bagian yaitu informan kunci dan informan pendukung. Dua orang dari informan kunci dalam penelitian ini merupakan pengajar tetap di SDN Pelabuhan 01. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan internet menjadi kurang maksimal ketika sarana pendukung tidak terfasilitasi dengan lengkap. Selain itu, pemahaman para pengajar mengenai internet dan perkembangan teknologi menjadi penting ketika internet dan perkembangan teknologi itu sendiri menjadi sebuah kebutuhan dalam bidang pendidikan. Kata Kunci: Internet, Perkembangan Teknologi, Pendidikan

Subjek

EDUCATIONAL TECHNOLOGY
 

Katalog

PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR OLEH GURU SD DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ( Studi Kualitatif Pada Pemanfaatan Internet Sebagai Media Belajar di SD Negeri Pelabuhan 1 Desa Pelabuhan Kec.Sukahaji Kab.Majalengka )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BIQI MUNSYI
Perorangan
ADI BAYU MAHADIAN, BERLIAN PRIMADANI SATRIA PUTRI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini