ANALISIS DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA DECISION TREE DENGAN FRAMEWORK CRISP-DATA MINING PADA APLIKASI SUPPORT DECISION BISNIS RETAIL(STUDI KASUS : PT.X)

LALU FEBRIAN AJ

Informasi Dasar

17.04.1305
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebuah toko terkadang sulit untuk menentukan suatu produk dapat dikategorikan memiliki penjualan yang cukup bagus atau tidak. Seperti halnya di bisnis retail , terkadang pihak manajemen memiliki kesulitan untuk menentukan produk yang layak dan tidak layak untuk dijual kembali. Data bisa menjadi suatu knowledge untuk menentukan kelayakan sebuah produk. Salah satu metode yang digunakan adalah dengan metode klasifikasi pada data mining yang mana dalam hal ini menggunakan CRISP-Data Mining sebagai framework pada aplikasi yang akan dikembangkan. Penelitian ini menggunakan data transaksi dari objek yang merupakan salah satu brand retail di kawasan pendidikan Telkom. Hasil pengujian menunjukkan bahwa, algoritma C4.5 yang digunakan berhasil membentuk pohon keputusan yang digunakan dalam menentukan kelayakan suatu barang untuk dijual kembali di retail tersebut. Aplikasi juga berhasil menghitung nilai gain dan entropi dari atribut yang digunakan dalam menentukan pohon keputusan.

Kata Kunci : CRISP-Data Mining , Algoritma C4.5 , Retail , Klasifikasi

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA DECISION TREE DENGAN FRAMEWORK CRISP-DATA MINING PADA APLIKASI SUPPORT DECISION BISNIS RETAIL(STUDI KASUS : PT.X)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LALU FEBRIAN AJ
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • SK1003 - ALGORITMA
  • SK4113 - ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
  • SK4203 - KECERDASAN BUATAN
  • CEG2A3 - PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
  • CEG2C3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
  • CEG3C3 - DESAIN BASIS DATA
  • KUG1A3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini