Penerapan Metode Opinion Mining Pada Konten Situs Amazon.com untuk Competitive Intelligence (Studi Kasus Pada Perbandingan Customer Review iPhone 5 dan Samsung Galaxy S III)

Tiara Vibiani Rizki Putri

Informasi Dasar

17.04.1265
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dewasa ini, persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Namun untuk menciptakan sistem pasar yang stabil, diperlukan adanya persaingan yang sehat. Persaingan yang sehat dalam sebuah perusahaan tercipta dari kegiatan competitive intelligence. Tugas competitive intelligence adalah mencari dan menganalisis informasi mengenai pesaing secara legal. Namun untuk mendapatkan informasi mengenai pesaing, seringkali perusahaan mendapatkan keterbatasan. Dengan munculnya web 2.0 hal ini dapat diatasi. Salah satu penerapan web 2.0 adalah customer review. Dimana dalam customer review, user dapat saling berinteraksi satu sama lain dan menyampaikan opininya mengenai suatu produk. Untuk dapat memahami maksud kalimat perbandingan dalam customer review, dibutuhkan suatu metode yang dinamakan opinion mining. Dengan metode ini, dapat diketahui apakah suatu kalimat perbandingan tersebut benar atau tidak. Dalam hal ini penulis menggunakan studi kasus perbandingan iPhone 5 dan Samsung Galaxy S III pada customer review Amazon.com. Dalam penelitian ini, dilakukan beberapa tahap penelitian yaitu pencarian data secara manual dalam customer review Amazon.com, ekstraksi fitur-fitur penentuan entitas, dan ekstraksi kalimat perbandingan untuk menentukan kalimat tersebut dapat diperbandingkan atau tidak. Teknik analisis data yang dilakukan untuk ekstraksi kalimat perbandingan tersebut digunakan sebuah metode bernama two-level conditional random fields with unfixed interdependencies. Berdasarkan penelitian dan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, ditemukan 118 kalimat perbandingan yang disampaikan oleh 24 user. Dari 118 kalimat tersebut, kalimat yang dapat diperbandingkan sebanyak 80 dan kalimat yang tidak dapat diperbandingkan sebanyak 38. Sedangkan dari 80 kalimat perbandingan yang dapat diperbandingkan, ditemukan 22 kalimat superlatif mengenai Samsung Galaxy S III dan 12 kalimat superlatif mengenai iPhone 5 yang dapat dijadikan bahan analisis untuk competitive intelligence.

Kata kunci : Social Computing, Social Network Analysis, Opinion Mining, Competitive Intellligence.

Subjek

NOT AVAILABLE
 

Katalog

Penerapan Metode Opinion Mining Pada Konten Situs Amazon.com untuk Competitive Intelligence (Studi Kasus Pada Perbandingan Customer Review iPhone 5 dan Samsung Galaxy S III)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Tiara Vibiani Rizki Putri
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini