ANALISIS PENGGUNAAN BLACKBERRY MESSENGER DI DALAM PROSES KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DI KALANGAN SISWA SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH, LAMPUNG TENGAH (Studi Kasus Siswa SMA Negeri 1 Kotagajah, Lampung Tengah)

PATRIA RIZKO SAGANTORO

Informasi Dasar

17.04.1249
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Hakikatnya manusia di bumi tidak bisa hidup sendiri dan harus hidup bersama manusia lainnya, karena manusia butuh bersosialisasi dengan cara berkomunikasi. Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula media untuk berkomunikasi antarpribadi yang semakin canggih, seperti Blackberry menjadi smartphone yang digemari banyak orang di Indonesia, karena memiliki fitur Blackberry Messenger. Tidak hanya di kalangan masyarakat perkotaan, Blackberry Messenger saat ini telah banyak digunakan oleh masyarakat pedesaan, seperti di kecamatan Kotagajah, Lampung Tengah yang banyak menggunakan smartphone tersebut, salah satunya penggunaan Blackberry Messenger pada siswa SMA Negeri 1 Koatagajah Kabupaten Lampung Tengah, dan penelitian ini ingin mengetahui alasan, tujuan, dan penggunaan Blackberry Messenger terhadap siswa SMA Negeri 1 Kotagajah, Lampung Tengah. Untuk memperkuat hasil penelitian, peneliti mencantumkan beberapa teori komunikasi yang berkaitan dengan penelitian ini, diantaranya adalah teori fungsi media komunikasi, komunikasi non verbal, dan komunikasi antarpribadi. Metode yang digunakan untuk menggambarkan dan menganalisis perilaku siswa dalam melakukan proses komunikasi antarpribadi adalah studi kasus deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivis dengan subjek penelitian ialah populasi siswa SMA Negeri 1 Kotagajah, Lampung Tengah yang menggunakan Blackberry Messenger, dan mengambil informan sebanyak tiga siswa yang dipilih dengan teknik purposive. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1. Informan menggunakan aplikasi Blackberry Messenger bertujuan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi, Blackberry Messenger dapat menggantikan fungsi komunikasi yang sebelumnya mereka lakukan dengan menggunakan SMS (Short Message Service). 2. Informan menggunakan Blackberry Messenger karena dianggap memiliki banyak keunggulan yang didapatkan. 3. Dalam penggunaan aplikasi Blackberry Messenger, informan sering menggunakan fitur emoticon sebagai pengungkap emosi, karena dapat mewakili perasaan dan disampaikan dengan mudah kepada komunikan.

Kata Kunci : Blackberry Messenger, Komunikasi Antarpribadi, Komunikasi Nonverbal, SMA Negeri 1 Kotagajah

Subjek

COMMUNICATION-SCIENCE
 

Katalog

ANALISIS PENGGUNAAN BLACKBERRY MESSENGER DI DALAM PROSES KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DI KALANGAN SISWA SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH, LAMPUNG TENGAH (Studi Kasus Siswa SMA Negeri 1 Kotagajah, Lampung Tengah)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PATRIA RIZKO SAGANTORO
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini