Analisis Faktor-Faktor Internal Yang Memotivasi Mahasiswa Menjadi Wirausaha Berbasis ICT (Studi pada Mahasiswa Sekolah Bisnis di Bandung)

Dea Ayu Wulandari

Informasi Dasar

17.04.1237
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kecanggihan Information and Communication Technology (ICT) mengubah pola hidup masyarakat menjadi serba instan. Kemajuan ICT, memberikan peluang untuk berwirausaha secara online. Oleh karena itu, menumbuhkan semangat wirausaha sejak dini diyakini dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kementerian Koperasi dan Usaha Menengah (Kemenkop) menargetkan pertumbuhan wirausaha di Indonesia pada tahun 2013. Kemenkop menjalankan banyak program untuk menciptakan wirausaha-wirausaha baru. Melalui program-program tersebut, pemerintah ingin memotivasi kaum muda khususnya mahasiswa untuk menjadi wirausaha yang kreatif, inovatif dan berwawasan global dengan memanfaatkan ICT. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal yang memotivasi mahasiswa menjadi wirausaha berbasis ICT. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah mahasiswa program sarjana yang diterima masuk pada tahun 2010 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom (FEB Telkom) dan SBM ITB. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke 100 responden yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor dengan bantuan software Ms. Excel 2010 dan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbentuk 3 faktor internal yang memotivasi mahasiswa menjadi wirausaha berbasis ICT, yaitu keberhasilan diri (self-efficacy), kebebasan dalam bekerja (net desirability of self employment), dan penghargaan (achievement). Faktor keberhasilan diri (self-efficacy) merupakan faktor internal yang paling dominan dalam memotivasi mahasiswa menjadi wirausaha berbasis ICT dengan eigen values sebesar 4,490 atau sebesar 26,415 % dan faktor penghargaan (achievement) merupakan faktor yang paling tidak dominan dalam memotivasi mahasiswa menjadi wirausaha berbasis ICT dengan eigen values sebesar 1,929 atau 11,349%.

Kata kunci : motivasi, wirausaha, keberhasilan diri (self-efficacy), kebebasan dalam bekerja (net desirability of self employment), penghargaan (achievement).

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

Analisis Faktor-Faktor Internal Yang Memotivasi Mahasiswa Menjadi Wirausaha Berbasis ICT (Studi pada Mahasiswa Sekolah Bisnis di Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dea Ayu Wulandari
Perorangan
JURRY HATAMMIMI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini