ANALISIS PERBANDINGAN USER EXPERIENCETERHADAP ELECTRONIC BOOK DAN PRINT BOOK BERDASARKAN DIMENSI USABILITY METRICS

FIRDA SEPTA FLORENTINA

Informasi Dasar

17.04.1227
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui user experience terhadap electronic book dan print book berdasarkan dimensi usability metrics. Serta adakah perbedaan antara user experience terhadap electronic book dan print book berdasarkan dimensi usability metrics.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan komparatif atau perbandingan serta kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dimensi usability metrics. Data primer diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 388 responden yang pernah membaca eBook dan pBook, serta membaca eBook melalui device. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala ordinal dan dengan skala instrument yang digunakan adalah skala likert. Desain pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis degan menggunakan Uji Beda Mann-Whitney.

Setelah dilakukan analisis Uji Beda Mann-Whitney dengan menggunakan SPSS dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada dimensi usability metrics antara eBook dan pBook. Untuk eBook, hasil penelitian menunjukkan nilai sangat tinggi pada variabel efficiency dan nilai tinggi pada variabel effectiveness dan satisfaction. Sedangkan untuk pBook, hasil penelitian menujukkan nilai sangat tinggi pada variabel effectiveness dan satisfaction, dan nilai tinggi pada variabel efficiency.

Kata kunci : Perbandingan, electronic book, print book, usability metrics, user experience, komparatif.

Subjek

ELECTRONIC BOOK
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN USER EXPERIENCETERHADAP ELECTRONIC BOOK DAN PRINT BOOK BERDASARKAN DIMENSI USABILITY METRICS
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIRDA SEPTA FLORENTINA
Perorangan
LISTYO DWI HARSONO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini