PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MEMPERKENALKAN KEMBALI MAKANAN RINGAN TRADISIONAL SUNDA KEPADA ANAK-ANAK DI BANDUNG

AIRIN KARIMA AHMAD

Informasi Dasar

17.04.1212
741.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Posisi makanan tradisional Sunda dewasa ini sudah mulai mengkhawatirkan. Dengan masuknya brand-brand besar seperti Starbucks, Burger King, maupun Domino’s pizza, dikhawatirkan akan membuat makanan tradisional Sunda tenggelam dalam derasnya arus globalisasi.

Sudah banyak upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan makanan tradisional Sunda di Indonesia. Namun upaya tersebut masih dirasa kurang. Diperlukan sebuah upaya pengenalan makanan tradisional Sunda yang dapat diterapkan sejak anak-anak. Pembuatan sebuah komunikasi visual dapat dimanfaatkan untuk menjadi alternatif media mengenalkan kembali makanan tradisional Sunda. Salah satu alternatif media tersebut adalah buku cerita bergambar.

Kompas Gramedia selaku perusahaan yang memiliki jaringan percetakan dan toko buku di Indonesia, dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menampilkan upaya memperkenalkan kembali makanan Tradisional Sunda di Bandung.

Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang buku cerita bergambar untuk memperkenalkan kembali makanan tradisional Sunda di Bandung. Konsep yang digunakan adalah mengenalkan kudapan tradisional Sunda dengan cara yang menyenangkan. Dalam perancangan ini pengetahuan dan pesan moral disampaikan dalam bentuk ilustrasi dan cerita yang menarik. Diharapkan rasa ingin tahu akan makanan tradisional Sunda akan timbul dan terjadi tindakan nyata yaitu mencari makanan tradisional Sunda tersebut. Makanan kudapan tradisional Sunda dinilai cocok untuk diangkat sebagai tema buku cerita bergambar yang akan dirancang karena anak-anak menyukai makanan kudapan.

Diharapkan dengan memperkenalkan makanan tradisional kudapan Sunda sejak anak-anak, dapat tercipta generasi yang mengenal makanan kudapan tradisional Sunda.

Kata kunci: tradisional, Bandung, Sunda, makanan, kudapan, anak-anak

Subjek

ART-EDUCATION
 

Katalog

PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MEMPERKENALKAN KEMBALI MAKANAN RINGAN TRADISIONAL SUNDA KEPADA ANAK-ANAK DI BANDUNG
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AIRIN KARIMA AHMAD
Perorangan
PATRA ADITIA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini