ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN DAN RASIO NON KEUANGAN TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007- 2012)

RISTIKA TRI WIJAYANTI

Informasi Dasar

17.04.1176
658.151 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Going concern merupakan asumsi akuntansi yang memperkirakan suatu bisnis akan berkelanjutan dalam jangka waktu yang tidak terbatas. Prediksi going concern atau kelangsungan usaha dalam suatu perusahaan tertuang dalam opini audit going concern yang diberikan auditor. Opini audit going concern yang diterima suatu perusahaan menunjukan adanya kondisi atau peristiwa yang menimbulkan keraguan auditor akan kelangsungan hidup perusahaan. Pada waktu kondisi ekonomi menjadi sesuatu yang sudah tidak pasti, investor mengharapkan auditor memberikan peringatan awal akan kegagalan kelangsungan hidup perusahaan melalui opini audit going concern yang dikeluarkan berdasarkan laporan keuangan perusahaan sehingga investor dapan menghindari kesalahan dalam pembuatan keputusan untuk melakukan investasi.
 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio keuangan yang terdiri dari likuiditas,profitabilitas, leverage, dan rasio non keuangan yang terdiri dari ukuran perusahaan, reputasi KAP dan audit lag terhadap opini audit going concern. Berdasarkan dari hasil penelitian sebelumnya tentang faktor yang mempengaruhi penerimaan opini audit going concern, beberapa hasil penelitian sebelumnya menunjukkan masih terdapat ketidakkonsistensian. 
 Populasi penelitian ini adalah perusahaan tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2012. Berdasrkan hasil purposive sampling diperoleh 10 perusahaan tekstil dan garmen. Pengujian pengaruh antara variabel independen dan dependen digunakan analisis regresi logistik.
 Hasil pengujian penelitian ini menunjukan secara simultan variabel likuiditas, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, reputasi KAP dan audit lag berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern dengan p-value 0.000 < 0.05. Secara parsial variabel likuiditas berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern, sedangkan profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, reputasi KAP dan audit lag tidak berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern pada perusahaan tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Kata Kunci : Opini audit going concern, rasio keuangan dan rasio non keuangan.

Subjek

FINANCIAL REPORTS
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN DAN RASIO NON KEUANGAN TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007- 2012)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RISTIKA TRI WIJAYANTI
Perorangan
Eddy Budiono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini