KARAKTERISTIK WIRAUSAHA PADA MAHASISWA S1 TELKOM ECONOMIC AND BUSINESS SCHOOL (TEBS) ANGKATAN 2010-2011 (DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS FAKTOR)

Tari Oktaviana

Informasi Dasar

17.04.1156
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Telkom Economic and Business School (TEBS) Bandung, sebagai salah satu fakultas ekonomi dan bisnis yang memegang nilai kewirausahaan memiliki kewajiban untuk melahirkan wirausaha baru dari kalangan mahasiswa TEBS yang diupayakan dengan pengadaan mata kuliah kewirausahaan. Pada dasarnya tujuan mata kuliah ini dapat tercapai, akan tetapi masih kurangnya karakteristik wirausaha pada mahasiswa, menyebabkan minimnya mahasiswa TEBS yang menjalankan bisnis dan cukup banyak mahasiswa yang pernah menjalankan bisnis namun berhenti di tengah jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi karakteristik wirausaha pada mahasiswa TEBS, khususnya program strata satu. Karakteristik wirausaha yang dimaksudkan menggunakan tiga teori karakteristik wirausaha Mc Clelland (1961), Stewart (1998) dan Meredith (2005) yang dikombinasi menjadi 9 elemen. 9 elemen tersebut menjadi variabel dalam penelitian ini, yang terdiri dari percaya diri, orientasi pada tugas dan hasil, pengambilan risiko, kepemimpinan, keorisinilan, orientasi ke masa depan, toleransi terhadap ambiguitas, lokus pengendalian internal, dan dorongan untuk berprestasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksplorative dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 200 mahasiswa strata satu TEBS angkatan 2010-2011 sebagai responden, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kuesioner penelitian ini memiliki 23 pernyataaan. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan metode analisis faktor dengan bantuan SPSS 21. Penelitian ini menghasilkan dua faktor yang menjadi karakteristik wirausaha pada mahasiswa strata satu TEBS angkatan 2010-2011 yang diperoleh melalui proses analisis faktor. Kedua faktor tersebut adalah faktor percaya diri (selfs confidences) dan visioner (visionary) sebesar 62,188% dan faktor pengambilan risiko (risk taking) sebesar 12,967%. Total keseluruhan adalah 75,155% sehingga terdapat faktor lain sebesar 24,845% yang juga dimiliki mahasiswa.

Kata kunci : Kewirausahaan, Karakteristik wirausaha, Analisis faktor.

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

KARAKTERISTIK WIRAUSAHA PADA MAHASISWA S1 TELKOM ECONOMIC AND BUSINESS SCHOOL (TEBS) ANGKATAN 2010-2011 (DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS FAKTOR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Tari Oktaviana
Perorangan
Kristina Sisilia
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini