OPTIMASI PRODUKTIVITAS GAS METANA PADA CAMPURAN LIMBAH CAIR TAHU DAN KOTORAN SAPI DENGAN PENGONTROLAN DERAJAT KEASAMAN (pH)

GERY RHEYNHARD MANURUNG

Informasi Dasar

117101057
621.042
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Biogas merupakan salah satu bahan bakar yang dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif . Substrat yang dapat digunakan sebagai penghasil biogas adalah campuran dari limbah cair tahu dan kotoran sapi. Biogas menghasilkan berbagai jenis gas yang dapat dijadikan sebagai sumber energi, salah satu nya adalah CH4. Derajat keasaman merupakan faktor yang mempengaruhi produktivitas gas metana. Substrat sebagai tempat hidup sekaligus sumber makanan bakteri perlu dilakukan pengontrolan pH agar biogas yang dihasilkan mencapai hasil yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengatur pH substrat campuran limbah cair tahu dan kotoran sapi agar dicapai produktivitas gas metana yang optimum.

Telah dilakukan pengamatan pH pada dua reaktor identik dengan perlakuan yang berbeda. Reaktor dilengkapi dengan sensor metana, sensor suhu, injektor CaCO3, dan motor pengaduk. Telah dilakukan karakterisasi masingmasing sensor dan aktuator agar dapat mengukur dan mengontrol variabel yang diamati dengan baik. Adapun setelah dilakukan karakterisasi, sensor dapat mengukur variabel yang diamati dengan baik. pH substrat pada reaktor 1 dikontrol pada nilai 7. Sedangkan pH substrat pada reaktor 2 tidak dikontrol. Pengamatan dilakukan selama 9 hari dan variabel yang diamati adalah suhu, pH, dan volume gas metana yang dihasilkan perhari.

Berdasarkan hasil pengamatan selama 9 hari, ditunjukkan bahwa dengan dilakukan pengontrolan pH pada substrat menghasilkan konsentrasi metana sebesar 83.176 ppm dengan rata-rata produktivitas harian sebesar 9241 ppm. Sedangkan metana yang dihasilkan pada substrat yang tidak dilakukan pengontrolan pH adalah sebesar 28.280 ppm dengan rata-rata produktivitas harian sebesar 3.142 ppm. Terdapat perbedaan sebesar 3 kali lipat metana yang dihasilkan pada reaktor 1 dan reaktor 2

metana, CH4, temperatur, pH, kotoran sapi, limbah cair tahu.

Subjek

Energy enginering
 

Katalog

OPTIMASI PRODUKTIVITAS GAS METANA PADA CAMPURAN LIMBAH CAIR TAHU DAN KOTORAN SAPI DENGAN PENGONTROLAN DERAJAT KEASAMAN (pH)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GERY RHEYNHARD MANURUNG
Perorangan
Amaliyah Rohsari Indah Utami, S.T.,M.Si; Indra Chandra, M.Si
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini