RANCANG BANGUN KONTROL KECEPATAN PUTAR MOTOR DC BRUSHLESS DENGAN METODE PID

VANY SURYANINGSIH

Informasi Dasar

117100028
629.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Semakin berkembangnya dunia industri, kebutuhan akan sistem kontrol yang mampu meningkatkan kinerja sistem, dan kualitas produksi menjadi semakin penting, sehingga perlu dikembangkan suatu sistem kontrol yang mampu mengatur sistem secara otomatis untuk menghasilkan keluaran seperti yang diinginkan sehingga dapat mengurangi error.


Dalam Tugas Akhir ini, kontrol PID akan diimplementasikan pada aplikasi perangkat pengontrol kecepatan putar motor DC brushless, penggerak motor menggunakan metode PWM (Pulse Width Modulation), hasil keluaran berupa kecepatan putar motor DC brushless menggunakan sensor kecepatan (optocoupler) yang akan digunakan sebagai umpan balik dalam sistem kontrol. Kontrol PID menggunakan metode kedudukan akar (root locus).



Nilai kontrol PID yang digunakan adalah nilai Kp = 0,96, nilai Ki = 0,58, dan nilai Kd = 0,10. Pengujian kontrol PID ini dilakukan dengan memberikan masukan berupa delapan nilai acuan yang berbeda-beda kedalam sistem. Dengan mengaplikasikan kontrol PID diperoleh nilai rata-rata error tunak sebesar 2,00 RPM untuk delapan nilai acuan yang diberikan.



Kontrol PID mampu memberikan kriteria performansi yang baik pada saat diberikan gangguan dengan berat beban 0,93 kg hingga 0,98 kg karena menghasilkan rata-rata error tunak yang cenderung kecil yaitu sebesar 3,06 RPM. Pada saat diberikan gangguan dengan berat beban 1,03 kg, rata-rata error tunak yang dihasilkan semakin besar yaitu 7,25 RPM.



motor DC brushless, optocoupler, kontrol PID

Subjek

Motor engineering
 

Katalog

RANCANG BANGUN KONTROL KECEPATAN PUTAR MOTOR DC BRUSHLESS DENGAN METODE PID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VANY SURYANINGSIH
Perorangan
MAMAT ROKHMAT, M.Si.; REZA FAUZI ISKANDAR, M.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini