ANALISIS DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR DATA PADA DINAS PERIZINAN KOTA BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN ZACHMAN FRAMEWORK

CHANDRA PRATIWI

Informasi Dasar

116104125
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Bandung adalah salah satu lembaga teknis yang terdapat di Pemerintah Kota Bandung yang memiliki tingkat interoperabilitas data yang sangat tinggi dan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Lembaga Teknis ini dituntut untuk dapat melayani permohonan perizinan dengan cepat dan dalam volume yang besar guna meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja layanan. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya pengintegrasian data agar pengelolaan data tidak mengalami redundansi.
Analisis dan perancangan arsitektur data pada BPPT Kota Bandung menggunakan Zachman Framework merupakan salah satu solusi untuk membangun sebuah layanan yang sesuai dengan tujuan organisasi dan meningkatkan kepuasan masyarakat dalam hal pengeloaan data yang efisien. Analisis dan perancangan arsitektur data pada penelitian ini menggunakan metode Zachman Framework di mana sel yang diisi yaitu sel pada matrik dua kali tiga teratas dan satu sel pertama pada baris ketiga Zachman Framework. Pengisian matriks dua kali tiga teratas Zachman Framework dilakukan menggunakan metode Enterprise Architecture Planning.
Hasil dari analisis dan perancangan ini berupa arsitektur kontekstual yang dihasilkan dari tahap inisiasi perencanaan, arsitektur konseptual yang dihasilkan dari tahap pemodelan bisnis, dan arsitektur data berupa matrik pemetaan data pada fungsi organisasi dan unit organisasi, Entity Relationship Diagram (ERD), dan class diagram.
arsitektur data, arsitektur enterprise, BPPT, Enterprise Architecture Planning, Zachman Framework.

Subjek

ARCHITECT COMPUTER PROGRAM
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR DATA PADA DINAS PERIZINAN KOTA BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN ZACHMAN FRAMEWORK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CHANDRA PRATIWI
Perorangan
Adityas Widjajarto, S.T., M.T.; Ridha Hanafi, S.T., M.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini