ANALISIS DAN DESAIN KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER DENGAN METODE NETWORK DEVELOPMENT LIFE CYCLE (STUDI KASUS: UNIVERSITAS TELKOM)

Ramadhan Triyanto Prabowo

Informasi Dasar

116102108
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perancangan keamanan jaringan komputer merupakan hal yang penting dalam merancang jaringan komputer pada suatu organisasi. Kegagalan dalam merancang keamanan jaringan komputer dapat menimbulkan risiko baik secara ekonomi maupun risiko hukum. Universitas Telkom adalah lembaga pendidikan yang memiliki fokus terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan seni berbasis teknologi informasi. Sebagai lembaga pendidikan berbasiskan teknologi informasi, Universitas Telkom menggunakan jaringan komputer untuk mendukung aktivitas akademiknya. Oleh karena itu, diperlukan rancangan keamanan jaringan komputer untuk mengamankan aktivitas akademiknya.
Perancangan keamanan jaringan komputer pada Universitas Telkom menggunakan metode Network Development Life Cycle. Metode ini bersifat siklus, sehingga memungkinkan untuk dilakukan continual improvement. Pada tahap awal penelitian dilakukan identifikasi kondisi eksisting dan identifikasi kebutuhan. Dari hasil identifikasi tersebut dirancang suatu keamanan jaringan komputer yang merupakan pengembangan dari kondisi eksisting. Kemudian dilakukan simulasi untuk mengetahui apakah desain usulan telah memenuhi kebutuhan dari pengguna. Jika hasil simulasi mampu memenuhi kebutuhan pengguna, maka usulan dapat diterima sebagai panduan untuk mengembangkan keamanan jaringan komputer. Usulan yang diberikan meliputi perlindungan terhadap DoS/DDoS, penerapan Intrusion Detection/Prevention System untuk mendeteksi dan mencegah serangan, dan penerapan teknologi VPN untuk mengamankan koneksi SSH pada server di data center.
Dari hasil pengujian didapatkan hasil bahwa perlindungan terhadap DoS/DDoS mampu menghemat bandwidth sebesar 99,98%, perangkat IDPS mampu mendeteksi serangan, dan koneksi SSH menggunakan VPN berhasil dilakukan. Dalam rekomendasi, dibuat usulan untuk penerapan rancangan keamanan jaringan pada Universitas Telkom. Keamanan Jaringan Komputer, Desain Keamanan Jaringan

Subjek

DATA SECURITY
 

Katalog

ANALISIS DAN DESAIN KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER DENGAN METODE NETWORK DEVELOPMENT LIFE CYCLE (STUDI KASUS: UNIVERSITAS TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ramadhan Triyanto Prabowo
Perorangan
M. Teguh Kurniawan, ST, MT; Adityas Widjajarto, ST, MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini