PERANCANGAN BUSINESS ARCHITECTURE DAN DATA ARCHITECTURE UNTUK IMPLEMENTASI SYSTEM APLICATION AND PRODUCT (SAP) MENGGUNAKAN THE OPEN GROUP ARCHITECTURE FRAMEWORK ARCHITECTURE DEVELOPMENT METHOD (TOGAF ADM) PADA PT. KERETA API INDONESIA (Persero)

Andida Fatinah

Informasi Dasar

116101106
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Membaiknya infrastruktur, kondisi politik dan sosial dunia akibat pemanfaatan teknologi informasi membuat BUMN menetapkan penerapan teknologi informasi dalam mendukung daya saing dan transformasi bisnis. PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai BUMN melakukan implementasi SAP untuk mendukung transformasi bisnis perusahaan. Dalam penerapannya, SAP menjadi tantangan bagi PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk melakukan keselarasan teknologi informasi dan bisnis.
Salah satu tujuan dari penerapan arsitektur enterprise adalah menciptakan keselarasan antara bisnis dan teknologi informasi bagi kebutuhan organisasi. Penerapan arsitektur enterprise tidak terlepas dari bagaimana sebuah organisasi merencanakan dan merancang aritektur enterprise yang dibutuhkan. Untuk melakukan perancangan arsitektur enterprise diperlukan metodologi yang lengkap dan mudah digunakan
TOGAF ADM memberikan metode yang detail bagaimana membangun dan mengelola serta mengimplementasikan arsitektur enterprise dan sistem informasi. Dalam melakukan perancangan arsitektur TOGAF ADM memiliki tahapan berupa siklus dari Preliminary, Architecture Vision, Business Architecture, Information System Architecture , Technology Architecture, Opportunities and Solution, Implementation Governance dan Architecture Change Management. Dalam melakukan perancangan blueprint arsitektur digunakan aplikasi Mega Suite untuk menghasilkan katalog, matriks dan diagram dari masing – masing tahapan arsitektur. Perancangan dilakukan secara berurutan dimulai dari fase preliminary, architecture vision, dan identifikasi requirement. Selanjutnya dilanjutkan dengan merancang arsitektur bisnis dan arsitektur data. Output dari kedua arsitektur berupa blueprint yang digunakan sebagai landasan dalam mengembangkan implementasi SAP di PT. Kereta Api Indonesia (Persero).
Enterprise Architecture, SAP, TOGAF ADM, Arsitektur bisnis, Arsitektur Data, PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Subjek

ARCHITECT COMPUTER PROGRAM
 

Katalog

PERANCANGAN BUSINESS ARCHITECTURE DAN DATA ARCHITECTURE UNTUK IMPLEMENTASI SYSTEM APLICATION AND PRODUCT (SAP) MENGGUNAKAN THE OPEN GROUP ARCHITECTURE FRAMEWORK ARCHITECTURE DEVELOPMENT METHOD (TOGAF ADM) PADA PT. KERETA API INDONESIA (Persero)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Andida Fatinah
Perorangan
Murahartawaty, ST., MT.; Ridha Hanafi, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini