Perancangan OpenERP Modul Warehouse Management pada Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten

Farianti Ika Putri

Informasi Dasar

116100063
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sistem untuk merencanakan pemakaian sumber daya perusahaan.ERP memiliki berbagai fungsi yang dapat digunakan oleh perusahaan.Kelebihan dari ERP adalah sistemnya yang terintegrasi antara satu fungsi dan fungsi lainnya, memungkinkan informasi yang real-time dan menghindari redundansi data. Sumber daya perusahaan yang diolah ERP dapat berupa manusia, waktu, mesin, alat, bahan baku, produk, dan lain-lain. Dan sumber daya ini digunakan dalam berbagai fungsi ERP, seperti Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Manufaktur, Pergudangan, Penjualan, dan banyak fungsi ERP lainnya.
Pabrik Gondorukem dan Terpentin (PGT) Sindangwangi adalah salah satu perusahaan yang dapat mendapatkan keuntungan dari penerapan ERP. PGT Sindangwangi memiliki beberapa bagian yang bertanggung jawab untuk manufaktur dan pengelolaan gudang yang memiliki proses yang berkaitan. Selain itu, PGT Sindangwangi memiliki hubungan dengan Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Industri Gondorukem dan Terpentin (GT) I Jawa Barat, dalam proses pembelian, penjualan, dan manajemen sumber daya manusia. Proses bisnis seperti ini akan dapat ditangani dengan baik dengan menggunakan ERP.
Salah satu dari proses bisnis yang dapat dikelola menggunakan ERP adalah pengelolaan gudang. Modul Warehouse Management dari OpenERP dapat mengelola gudang dan produk PGT Sindangwangi dengan baik, fungsi-fungsi pengelolaan gudang OpenERP diantaranya adalah menangani penerimaan barang, pengiriman pesanan, perpindahan barang antar gudang, dan lainnya.
Dengan mengimplementasikan Modul Warehouse Management OpenERP di PGT Sindangwangi, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan gudang, dan tidak saja membantu Bagian Persediaan, namun membantu bagian lainnya di PGT Sindangwangi, dan bagian penjualan dan pembelian di KBM Industri GT 1 Jawa Barat.
Pengelolaan gudang, Enterprise Resource Planning, OpenERP

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

Perancangan OpenERP Modul Warehouse Management pada Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Farianti Ika Putri
Perorangan
R. Wahyu Wicaksono; Mardiyanto Wiyogo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini