MEMBANGUN PORTAL WEB CROWDSOURCING PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE INCREMENTAL

Furnawan

Informasi Dasar

116100037
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Islam merupakan agama dengan penganut terbanyak di Indonesia. Hal tersebut juga mempengaruhi jumlah pengguna internet di Indonesia yang memanfaatkan internet sebagai media untuk belajar keislaman.Kemudahan akses terhadap materi-materi keislaman sangat dibutuhkan.Internet sebagai media untuk mencari dapat mempermudah akses informasi keislaman tersebut. Informasi keislaman yang tersebar di internet belum terstruktur dengan baik dan sulit untuk membuktikan keabsahan materinya sesuai dengan ajaran islam. Web site pembelajaran keislaman yang ada saat ini belum mengakomodasi kemudahan user untuk sharing informasi, diskusi dan konsultasi langsung secara intent tentang suatu permasalahan.
Dalam penelitian ini dibangun portal web crowdsourcing pembelajaran agama i slam dengan menggunakan metode iterative incremental yang dapat memberikan solusi dari permasalahan diatas. Penerapan konsep crowdsourcing pada portal website berfungsi untuk memberikan kesempatan pada pengunjung untuk berbagi informasi berupa artikel, berkonsultasi langsung kepada moderator, dan berdiskusi tentang suatu permasalahan dengan membuat sebuah thread . Analisis dan perancangan dari portal web ini men ggunakan UML ( Unified Modeling Language ) dan bahasa pemrograman PHP framework Codeigniter . Selanjutnya portal web diuji dengan melakukan pengujian fungsionalitas sistem dan feedback user . Hasil pengujian menunjukan bahwa sistem yang dibangun sudah sesuai d engan perancangan sistem dan kebutuhan user .
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah portal web dapat mempermudah user untuk berbagi informasi berupa artikel/kajian dan mencari informasi serta solusi tentang permasalahan keislaman, konsultasi tanya jawab secara langsung dengan intent antara member dengan moderator, dan diskusi untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang ada. Pengembangan selanjutnya disarankan untuk mengembangkan fitur chatting dan SMS gateway .
codeigniter , crowdsourcing, it erative incremental, learning, Unified Modeling Language

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

MEMBANGUN PORTAL WEB CROWDSOURCING PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE INCREMENTAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Furnawan
Perorangan
Yuli Adam Prasetyo, ST., MT; Taufik Nur Adi, S.Kom., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini