ANALISIS DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI PADA LEMBAGA TEKNIS PEMERINTAHAN KOTA BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN ZACHMAN FRAMEWORK (Domain Infrastruktur Jaringan)

Wijaya Hutama Anggara

Informasi Dasar

116100007
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berdasarkan Masterplan pengembangan TI

K 2013

2018 milik Pemerintah Kota Bandung, prioritas utama pembangun a n TIK adalah penyediaan infrastruktur komu nikasi. Salah satu sasarannya adalah meningkatkan ketersediaan sambungan internet dari 57% menjadi 100% pada tahun 2018. Salah satu tujuan dari penerapan enterprise architecture adalah menciptakan keselarasan antara tujuan organisasi dengan pengembangan t eknologi info rmasi bagi kebutuhan organisasi.
Penggunaan Framework Zachman pada perancangan enterprise architecture menggambarkan struktur logis untuk mengklasifikasikan dan mengorganisasi gambaran fisik sebuah Enterprise dalam dimensi yang berbeda, diman

a masing

masing dimensi dapat dinilai dari berbagai sudut pandang sehingga hasil artefak sistem informasi dapat lebih rinci dan utuh. Enterprise Architecture Planning adalah serangkaian proses untuk mengisi artefak yang terdapat pada kolom Zachman framewor k secara sistematis. Analisis awal yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendefinisian model bisnis pada Lembaga Teknis Pemerintahan Kota Bandung dengan menggunakan proses yang ada pada EAP, lalu dilanjutkan dengan perancangan arsitektur teknologi pada domain infrastruktur jaringan menggunakan NDLC .
Perancangan dilakukan mulai dari penggambaran kondisi existing jaringan dan analisis kebutuhan jaringan baru yang sesuai denga n standar pengembangan jaringan .. Selanjutnya pada tahapan desain dihasilkan bl ueprint jaringan baru yang sesuai dengan hasil analisa kebutuhan . Blueprint yang dihasilkan berisi topologi jaringan, pembagian IP address dan konfigurasi Enterprise Architecture , Zachman Framework , Enterprise Architecture Planning, Lembaga T eknis Pemerintahan Kota Bandung, NDLC.

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI PADA LEMBAGA TEKNIS PEMERINTAHAN KOTA BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN ZACHMAN FRAMEWORK (Domain Infrastruktur Jaringan)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Wijaya Hutama Anggara
Perorangan
Adityas Widjajarto S T ., M T; Umar Yunan K S H S T . , MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini