Membangun Model Micropayment Berbasis Smart Card dengan Menggunakan Framework Hevner di Food Court Fakultas Teknik

Azzahra Ratu Kamila

Informasi Dasar

116091023
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perubahan sistem transaksi di kantin merupakan kebijakan Unit Rumah Tangga dalam rangka meningkatkan mutu fasilitas kantin serta mendapatkan keuntungan dengan merubah sistem kontrak dengan pengelola kantin menjadi sistem bagi hasil. Pergantian wewenang pengelolaan dari Unit Rumah Tangga pada Koperasi Citra dilakukan agar implementasi sistem food court dapat berjalan lebih baik. Namun saat implementasi sistem food court berjalan, banyak kendala yang terjadi. Kendala-kendala tersebut sulit dikendalikan apabila tidak dibantu oleh sistem yang terkomputerisasi sehingga dibutuhkan jalan keluar yang dapat mengatasi permasalahan yang ada. Tugas akhir ini bertujuan untuk mencari solusi dalam mengatasi kendala yang dialami Koperasi Citra dan mengembangkan teknologi smart card di kampus sebagai alat transaksi yang berguna saat proses transaksi.

Pengembangan fungsi KTM dilakukan untuk membantu mengatasi kendalakendala tersebut. Agar hal itu dapat terwujud, maka KTM tersebut harus berupa smart card yang menggunakan teknologi RFID. Fungsi KTM bisa diperluas, tidak hanya menjadi kartu identitas mahasiswa tetapi bisa juga digunakan sebagai alat pembayaran yang bersifat praktis untuk transaksi di food court Fakultas Teknik. Survei terhadap 55 mahasiswa Fakultas Teknik menyatakan bahwa fungsi pada KTM perlu ditambahkan sebagai pengganti pembayaran manual berjumlah kecil yang disebut sebagai sistem micropayment.

Framework Hevner adalah framework yang berfokus pada Design Science Research (DSR). DSR merupakan penelitian yang membuat dan mengevaluasi artifak IT untuk memecahkan masalah yang dihadapi organisasi. DSR berusaha untuk menciptakan inovasi yang mendefinisikan ide-ide, kemampuan teknis, manajemen, desain, implementasi, serta produk yang dihasilkan melalui analisis agar penggunaan sistem informasi dapat berjalan secara efektif dan efisien (Hevner et.al, 2004). Output dari framework Hevner adalah constructs, model, methods, dan instantiations.

Framework Hevner digunakan sebagai metodologi membuat model dan method untuk membuat sistem micropayment menggunakan smart card. Model dan method tersebut akan menjadi pedoman dalam perencanaan perancangan implementasi sistem micropayment berbasis smart card untuk food court di Fakultas Teknik.

Model yang dibuat menggambarkan constructs yang dibutuhkan untuk panduan representasi kebutuhan di dunia nyata dan keterkaitan antar constructs. Method dirancang dengan menggunakan BPMN untuk menjelaskan tahap-tahap proses bisnis. Model akan diuji dengan metode observasi yaitu wawancara terstruktur terhadap responden yang memiliki keterkaitan dengan sistem micropayment berbasis smart card. Evaluasi yang dilakukan akan menentukan kebutuhan terhadap constructs yang dijabarkan dan kemunculan construct serta sub-constructs baru yang dapat merubah model.

Hevner, Design Science Research (DSR), model micropayment berbasis smart card, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), RFID

Subjek

COMPUTER PROGRAMS
 

Katalog

Membangun Model Micropayment Berbasis Smart Card dengan Menggunakan Framework Hevner di Food Court Fakultas Teknik
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Azzahra Ratu Kamila
Perorangan
Nia Ambarsari ST.,MT.; Pitrasacha Adytia ST.,MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini