MEMBANGUN PORTAL WEB CROWDSOURCING HEALTH TREATMENT DENGAN MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE INCREMENTAL DAN METODE PENCARIAN VECTOR SPACE MODEL

Boby Rahmawan

Informasi Dasar

116090079
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manusia membutuhkan informasi kesehatan untuk menjaga pola hidup sehat. Internet sebagai media untuk mencari informasi dapat mempermudah akses informasi kesehatan tersebut. Informasi penyakit, pengobatan, dan tips kesehatan yang tersebar pada media internet belum memiliki struktur yang baik. Informasi – informasi tersebut juga tidak berpusat pada satu portal website. Pengunjung dari portal website tersebut juga belum dapat memberikan informasi mengenai pengalamannya tentang penyakit, pengobatan, maupun tips kesehatan yang pernah diderita. Dalam penelitian ini dibangun portal website health treatment dengan menggunakan metode iterative incremental yang dapat memberikan solusi dari permasalahan di atas.

Portal website ini menerapkan konsep crowdsourcing dan metode searching vector space model. Konsep crowdsourcing ini merupakan pengembangan dari outsourcing dimana crowd dibutuhkan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang ada. Penerapan konsep crowdsourcing pada portal website berfungsi untuk memberikan kesempatan pada pengunjung untuk berbagi pengalaman tentang kesehatan. Penerapan dari metode searching vector space model membantu pengunjung untuk mencari informasi penyakit, pengobatan maupun tips kesehatan. Analisis dan perancangan dari portal web ini menggunakan UML dan bahasa pemrograman PHP framework Codeigniter. Selanjutnya portal web diuji dengan melakukan pengujian fungsionalitas sistem dan feedback user. Hasil pengujian menunjukan bahwa sistem yang dibangun sudah sesuai dengan perancangan sistem dan kebutuhan user.

Hasil dari penelitian ini adalah portal web dapat mempermudah user untuk berbagi informasi kesehatan, mempermudah dalam pencarian informasi dan memberikan rekomendasi informasi kesehatan yang berkaitan dengan informasi yang dibaca. crowdsourcing, vector space model, health treatment.

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

MEMBANGUN PORTAL WEB CROWDSOURCING HEALTH TREATMENT DENGAN MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE INCREMENTAL DAN METODE PENCARIAN VECTOR SPACE MODEL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Boby Rahmawan
Perorangan
Yuli Adam Prasetyo, ST., MT; Mardiyanto Wiyogo, ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini