MEMBANGUN GAME BASED LEARNING DASAR IMPLEMENTASI DATABASE BERBASIS HTML5 PADA MATA KULIAH SISTEM BASIS DATA DENGAN METODE ADDIE

SIMON FRANS RUDOLF MARPAUNG

Informasi Dasar

116090067
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Program studi Sistem Informasi Institut Teknologi Telkom memiliki mata kuliah Sistem Basis Data yang menjadi salah satu sarana untuk menghasilkan Database Administrator (DBA) yang berkompeten sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar dalam bidang DBA. Namun, proses belajar mengajar yang berlangsung saat ini pada mata kuliah Sistem Basis Data dirasa masih kurang baik. Hal ini dapat terlihat dari hasil survei yang telah dilakukan yang menunjukkan bahwa hanya 13% dari 30 mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Sistem Basis Data dapat memahami keseluruhan materi kuliah Sistem Basis Data.

Dalam tugas akhir ini, dilakukan pembangunan Game Based Learning dasar implementasi database pada mata kuliah Sistem Basis Data. Dalam software ini, konten pembelajaran disampaikan dalam bentuk game sehingga dapat meningkatkan ketertarikan dan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah Sistem Basis Data khususnya untuk materi dasar implementasi database. Dengan game ini, diharapkan dapat membantu proses belajar mengajar materi dasar implementasi database pada mata kuliah Sistem Basis Data khususnya pada 4 materi utama, antara lain Pengenalan DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language), Query, PL/SQL (Procedural Language/Structured Query Language), Trigger. Game ini dibangun dengan menggunakan teknologi HTML5 dan model instruksional desain ADDIE.

Pada penelitian ini, dilakukan pengujian fungsional dan user acceptance. Dari hasil pengujian fungsional, seluruh fungsi yang ada pada game dapat berjalan dengan baik. Kemudian, dari hasil pengujian user acceptance dihasilkan rata-rata 50% dari 30 mahasiswa setuju bahwa kualitas tampilan, interaksi program, interaksi user, dan penyajian materi pada game baik. Sistem Basis Data, dasar implementasi database , ADDIE, Game Based Learning, HTML5, Database Administrator.

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

MEMBANGUN GAME BASED LEARNING DASAR IMPLEMENTASI DATABASE BERBASIS HTML5 PADA MATA KULIAH SISTEM BASIS DATA DENGAN METODE ADDIE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SIMON FRANS RUDOLF MARPAUNG
Perorangan
Seno Adi Putra, S.Si, MT.; Amelia Kurniawati, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini