MEMBANGUN CROWDSOURCING SENI BUDAYA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE INCREMENTAL

Joddy Irvan Rizky

Informasi Dasar

116090048
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini seni budaya dari berbagai daerah di Indonesia sedang terancam eksistensinya . Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat untuk melestarikan seni bu daya asli Indonesia serta kurangnya fasilitas atau media yang menampung informasi seni budaya serta kegiatan yang dilakukan oleh para aktivis seni di berbagai daerah . Informasi seni budaya yang tersebar pada media internet belum memiliki struktur yang baik serta tidak t erpusat pada satu portal website. Pengunjung dari portal website tersebut juga belum dapat memberikan informasi tentang jadwal event budaya di daerah tertentu agar dapat disaksikan oleh masyarakat . Maka d alam penelitian ini dibangun portal website dengan menggunakan konsep crowdsourcing yang dapat memberikan solusi dari permasalahan di atas.

Portal website ini menerapkan metode iterative incremental dan metode pencarian vector space model . Metode iterative i ncremental yang digunakan berdasarkan analisis kebutuhan pengguna. M etode pencarian vector space model diterapkan pada website untuk membantu pengunjung mencari informasi artikel seni budaya . Analisis dan perancangan dari portal web site ini menggunakan UML dan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter . Lalu portal web site diuji dengan melakukan pengujian fungsionalitas sistem dan feedback user . Hasil pengujian menunjuk k an bahwa sistem yang dibangun sudah sesuai dengan perancangan sistem dan kebutuhan user.

Hasil dari penelitian ini adalah portal web site berbentuk ensiklopedi seni budaya yang dapat mempermudah user untuk berbagi informasi seni budaya serta jadwal event seni budaya yang akan berlangsung .

crowdsourcing, vector s pace model, seni budaya .

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

MEMBANGUN CROWDSOURCING SENI BUDAYA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE INCREMENTAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Joddy Irvan Rizky
Perorangan
Yuli Adam Prasetyo, ST., MT; Fauzan Azmi , ST. , MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini