MEMBANGUN SISTEM INFORMASI CARGO DI BARAYA MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE

Rangga Yudha Pradesa

Informasi Dasar

116090033
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi informasi yang semakin berkembang mulai merambah ke berbagai bidang usaha seperti jasa pengiriman barang. Perusahaan cargo yang diangkat menjadi objek penelitian ini adalah Baraya. Keterbatasan cara mengakses informasi menyebabkan pelanggan tidak dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan secara cepat dan tepat. Data-data perusahaan mengenai pengiriman barang tidak tersusun secara rapih di dalam database, sehingga data tidak dapat digunakan secara optimal untuk kepentingan perusahaan. Pada proses bisnis Baraya saat ini hal tersebut di atas belum dapat ditanggulangi, sehingga proses bisnis Baraya tidak berjalan secara optimal.

Dibangunnya sebuah aplikasi web cargo diharapkan dapat membantu aktivitas bisnis di Baraya. Aplikasi dibangun dengan menggunakan metode iterative & incremental. Di dalam metode iterative & incremental terdapat empat fase yaitu inception, elaboration, construction, dan transition. Analisis dan perancangan dari aplikasi web ini menggunakan UML dan pembangunan web menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter. Aplikasi web cargo diuji dengan melakukan verifikasi fungsionalitas sistem dan validasi dari feedback user.

Hasil observasi menyimpulkan bahwa permasalahan utama yang sedang dialami Baraya saat ini adalah belum tersedianya website perusahaan untuk mempermudah akses informasi pelanggan terhadap perusahaan yang pada saat ini dirasa kurang memuaskan pelanggan. Selain itu, perusahaan membutuhkan sistem yang memproses data menjadi sebuah informasi yang tersusun rapih yang kemudian dapat diintegrasikan ke seluruh outlet Baraya, sehingga informasi-informasi yang diberikan bersifat relevan. Oleh karena itu akan dibangun aplikasi web cargo pada Baraya. Saran untuk penelitian adalah menambahkan teknologi RFID dan fitur chatting. terative & incremental, cargo, web cargo.

Subjek

INFORMATION MANAGEMENT
 

Katalog

MEMBANGUN SISTEM INFORMASI CARGO DI BARAYA MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rangga Yudha Pradesa
Perorangan
Yuli Adam P. S.T., M.T.; Nia Ambarsari S.Si., M.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini