MEMBANGUN MODUL PENGABDIAN MASYARAKAT DAN PENUNJANG PADA KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BEBAN KERJA DOSEN DI FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI MENGGUNAKAN PRINSIP KNOWLEDGE MANAGEMENT LIFE CYCLE DENGAN METODE ITERATIVE DAN INCREMENTAL

Regina Fransiska Mayfarth

Informasi Dasar

116090032
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia, dikenal tiga buah pilar utama yang membangun sebuah perguruan tinggi. Pilar tersebut bernama Tridharma Perguruan Tinggi (Tridharma PT). Tridharma PT terdiri atas tiga elemen penting, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Dalam penerapannya, Tridharma PT dikembangkan menjadi aktivitas-aktivitas yang beragam dan unik pada masing-masing perguruan tinggi.

Di Institut Teknologi Telkom (ITT), Tridharma PT diurai menjadi sejumlah aktivitas-aktivitas utama yang mendukung ITT menjadi PT yang kompeten. Aktivitas-aktivitas ini dikerjakan oleh seluruh elemen civitas akademika. Namun, pengerjaan aktivitas-aktivitas Tridharma PT yang menjadi tolak ukur kompetensi suatu PT dititikberatkan kepada pendidik dan pemegang tanggung jawab pendidikan tinggi, yaitu Dosen. Penilaian ini didasarkan pada suatu tatacara yang dinamakan beban kerja dosen (BKD). BKD di ITT mempunyai keunikan tersendiri dengan perguruan tinggi lainnya. BKD di ITT selain terdiri atas aspek-aspek utama Tridharma PT, juga mencakup aspek-aspek lain yang menunjang pelaksanaan Tridharma PT itu sendiri.

Sistem penilaian BKD terhadap pelaksanaan Tridharma PT yang telah disediakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) saat ini, belum memenuhi proses penilaian BKD di ITT. Hal ini pun dirasakan oleh Fakultas Rekayasa Industri (FRI). Masih terdapat aktivitas-aktivitas di FRI ITT yang belum terdaftar sebagai aktivitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Perlu adanya suatu sistem yang mengelola penilaian BKD di ITT sehingga seluruh aktivitas yang ada di FRI ITT dapat dinilai sebagai pengerjaan BKD yang sah. Bahkan lebih dari itu, diharapkan sistem tersebut dapat memfasilitasi Dosen sebagai pemegang tanggung jawab utama pengerjaan BKD untuk dapat saling bertukar pengetahuan untuk mencapai kualitas pelaksanaan Tridharma PT yang lebih baik.

Knowledge management system (KMS) merupakan suatu jenis information system atau produk information technology yang diterapkan untuk mengelola knowledge yang berada di suatu organisasi. KMS dapat menjadi solusi yang tepat untuk masalah penilaian BKD di ITT.

Dalam penelitian ini, akan dibangun dua buah modul KMS yang mendukung penilaian pengerjaan BKD di FRI ITT terutama untuk aktivitas-aktivitas terkait Pengabdian Masyarakat dan Penunjang Tridharma. Kedua modul ini nantinya akan diintegrasikan dengan modul-modul lainnya yang ada pada KMS sehingga menjadi satu kesatuan KMS yang mendukung penilaian BKD di FRI ITT.

Kata kunci: Tridharma Perguruan Tinggi, beban kerja dosen (BKD), Fakultas Rekayasa Industri (FRI), Institut Teknologi Telkom (ITT), knowledge management system (KMS).

Subjek

INFORMATION MANAGEMENT-BUSINESS
 

Katalog

MEMBANGUN MODUL PENGABDIAN MASYARAKAT DAN PENUNJANG PADA KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BEBAN KERJA DOSEN DI FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI MENGGUNAKAN PRINSIP KNOWLEDGE MANAGEMENT LIFE CYCLE DENGAN METODE ITERATIVE DAN INCREMENTAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Regina Fransiska Mayfarth
Perorangan
Dr. Luciana Andrawina; Dr. Luciana Andrawina
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini