MEMBANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERACHY PROCESS (AHP) UNTUK MENENTUKAN PRIORITAS KINERJA UNIT MENGGUNAKAN METODE WATERFALL (Studi kasus: PT PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Dzil Hidayati

Informasi Dasar

116090004
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten adalah perusahaan milik Negara yang bergerak dibidang jasa penyediaan listrik. Sebagai satu-satunya perusahaan yang menyediakan sumber penerangan, perusahaan dituntut untuk selalu prima dalam pelayanan proses bisnisnya. Menyangkut hal tersebut, perusahaan melakukan standardisasi penilaian kinerja yang dilakukan pada masing-masing Unit Pelayanan dan Jaringan. Hal ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana masingmasing UPJ telah mencapai kinerja yang ditargetkan, serta untuk menghindari adanya dampak yang akan mempengaruhi posisi jabatan dan pendapatan atau insentif. Dilain pihak, sistem yang sedang berjalan saat ini masih bersifat konvensional. Untuk itu diperlukan adanya standardisasi yang tepat dan akurat guna mengukur penilaian kinerja UPJ serta sistem yang dapat mengotomatisasi jalannya proses penilaian kinerja.

Oleh karena itu, dibangun suatu sistem informasi pendukung keputusan penilaian kinerja unit guna mengotomatisasi jalannya proses penilaian kinerja dengan menerapkan metode AHP. Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai salah satu cabang ilmu dalam Sistem Pengambilan Keputusan adalah teknik untuk mendukung proses pengambilan keputusan yang bertujuan untuk menentukan pilihan terbaik dari beberapa alternatif yang ada. Metode AHP digunakan untuk menentukan priotitas bobot kriteria pada penilaian kinerja UPJ. Sedangkan pad Pengembangan Sistem Informasi Pendukung Penilaian Kinerja Unit digunakan metode waterfall, dengan bahasa pemrograman PHP framework CI dan database MYSQL.

Sehingga pada penelitian kali ini, sistem yang dibangun dapat mengotomatisasi pengolahan data dan analisis, serta menghasilkan penilaian kinerja yang lebih akurat karena adanya standardisasi pembobotan perbandingan kriteria.

Analytical Hierarchy Process (AHP), Penilaian kinerja, Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ), waterfall, PHP, MySQL.

Subjek

INFORMATION MANAGEMENT
 

Katalog

MEMBANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERACHY PROCESS (AHP) UNTUK MENENTUKAN PRIORITAS KINERJA UNIT MENGGUNAKAN METODE WATERFALL (Studi kasus: PT PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dzil Hidayati
Perorangan
Riza Agustiansyah. ST.,M.Kom; Nia Ambarsari. ST.,MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini