SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) PENGIRIMAN BARANG BERBASIS APLIKASI MOBILE ANDROID PADA PT. JNE

Irsyam Asri Putra

Informasi Dasar

116081054
910.285
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. JNE merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman barang di Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan, untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan pendukung jasa pengiriman barang yang diberikan oleh PT. JNE, menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan yang menggunakan layanan pendukung yang ditawarkan masih sangat rendah. Layanan pendukung tersebut berkaitan dengan fitur tracking dan pengecekan harga yang ada di website perusahaan. Tugas akhir ini bertujuan untuk mencari solusi dalam meningkatkan availability, mobility, reliability, serta kemudahan akses dari sistem existing PT.JNE, agar kepuasan pelanggan terhadap layanan pendukung yang diberikan oleh perusahaan yang tersebut dapat tercapai.

Geographic Information System (GIS) atau sistem informasi geografis diartikan sebagai sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis dan menghasilkan data bereferensi geografis atau geospatial. Sistem Informasi Geografis (SIG) yang berkaitan dengan proses pengiriman barang merupakan salah satu solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis aplikasi mobile Android dapat menjadi pilihan yang lebih baik dari segi availability, mobility, reliability, serta kemudahan akses bagi para pelanggan yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan yang ditawarkan perusahaan pengiriman barang, khususnya PT. JNE.

Sistem Informasi Geografis (SIG) Pengiriman Barang dirancang dengan mengolaborasikan teknologi web based pada sistem informasi existing dengan aplikasi mobile based untuk smart phone sehingga memberikan kemudahan akses bagi para pengguna, baik pihak perusahaan ekspedisi pengiriman barang, maupun pihak konsumen yang menggunakan jasa pengiriman tersebut. Pengembangan Sistem Informasi Geografis (SIG) Pengiriman Barang dilakukan dengan menggunakan metode iterative System Development Life Cycle (SDLC), menggunakan bahasa pemrograman Java Standar Edition (J2SE) yang dapat berjalan pada platform Android.

Sistem informasi geografis (SIG) pengiriman barang dengan aplikasi mobile pada smart phone Android yang telah dibuat dan dirancang mampu untuk membuat proses update status pengiriman barang oleh perusahaan jasa ekspedisi pengiriman barang khususnya PT. JNE menjadi lebih real time, available dan mobile, serta mudah diakses melalui perangkat smart phone, khususnya Android. Untuk pengembangan lebih lanjut mengenai Sistem Informasi Geografis (SIG) pengiriman barang yang telah dibuat, sebaiknya dapat menggunakan platform lainnya, seperti pada Blackbery, Windows Phone, atau Java Mobile Edition (JAVA ME).

Sistem Informasi Geografis (SIG), kepuasan pelanggan, aplikasi mobile, Android

Subjek

GEOGRAPHICAL INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) PENGIRIMAN BARANG BERBASIS APLIKASI MOBILE ANDROID PADA PT. JNE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Irsyam Asri Putra
Perorangan
Avon Budiyono, ST. MT.; Amelia Kurniawati, ST. MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini