Membangun Sistem Informasi Manajemen Penelitian Dengan Metode Iterative Dan Incremental Di Institut Teknologi Telkom

RIESYA RACHMASARIE

Informasi Dasar

116081031
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi informasi pada saat ini telah menjadi faktor kunci keberhasilan bagi perguruan tinggi untuk menciptakan keunggulan kompetitif dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya. Salah satu keunggulan kompetitif adalah dalam penyampaian informasi dan penyediaan layanan yang ada di perguruan tinggi. Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, perguruan tinggi harus menyediakan pelayanan dalam hal pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Institut Teknologi Telkom merupakan salah satu perguruan tinggi yang memanfaatkan teknologi informasi dalam penyampaian informasi dan penyediaan layanan. Namun, penggunaan teknologi informasi tersebut belum digunakan secara menyeluruh, khususnya dalam memberikan pelayanan di bidang penelitian.
Untuk mengatasi permasalahan di atas, dibutuhkan suatu aplikasi E-Research Management untuk membantu pengelolaan penelitian perguruan tinggi di IT Telkom. Aplikasi ini dibangun dengan teknologi Java EE untuk mendukung arsitektur multi-tier yang terdiri dari empat tier yaitu client, presentation, business logic dan database. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah iterative dan incremental.
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi E-Research Management yang memiliki fitur pengelolaan pengajuan proposal, persetujuan proposal, pemantauan dan pengontrolan pelaksanaan penelitian melalui fitur penilaian evaluasi kemajuan penelitian, penilaian evaluasi akhir penelitian, monitoring online/offline, evaluasi capaian luaran, serta monitoring dan evaluasi lapangan. Aplikasi E-Research Management tersebut telah mengimplementasikan arsitektur terdistribusi atau multi-tier. penelitian, sistem informasi, sistem informasi penelitian, Teknologi Java EE, iterative dan incremental, multitier.

Subjek

INFORMATION MANAGEMENT
 

Katalog

Membangun Sistem Informasi Manajemen Penelitian Dengan Metode Iterative Dan Incremental Di Institut Teknologi Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIESYA RACHMASARIE
Perorangan
Seno Adi Putra, S.Si., MT.; Amelia Kurniawati, S.T., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini