MEMBANGUN WAREHOUSE MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS WEB DENGAN METODE ITERATIVE INCREMENTAL MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS PENGELOLAAN GUDANG (Study Kasus PT XYZ)

A.A.B. Dhasta Hariwangsa

Informasi Dasar

116081006
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ adalah salah satu perusahaan penyedia jasa logistik atau biasa dikenal dengan 3PL (Third Party Logistic) Company. Kondisi pengelolaan SKU (Stock Keeping Unit) saat ini belum menjamin kecepatan ketepatan dalam prosesnya. Proses bisnis yang ada di gudang masih menggunakan model direct putaway dan direct picking menyebabkan pencarian lokasi untuk menempatkan SKU yang datang dan mencari SKU yang akan dikirimkan memerlukan hampir 50% dari total waktu proses, selain itu juga memungkingkan kesalahan saat melakukan proses picking. Sistem yang digunakan hanya menyimpan informasi SKU inbound dan outbound terbatas pada perekaman jumlah dan tanggal transaksi. Sistem saat ini juga hanya dapat digunakan pada satu client dan user, dan terdapat lebih dari satu aplikasi untuk proses pengelolaan gudang, sehingga tingkat akurasi data terjamin dan dapat menyebabkan duplikasi data.

Perbaikan sistem pengelolaan gudang dimulai dengan mengoptimalkan tata letak alokasi SKU dengan melakukan zonification dan sloting dengan pendekatan lean warehousing yang mempertimbangkan turn over dari masing-masing SKU. Dengan tujuan untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk memproses secara keseluruhan. Untuk melakukan hal tersebut maka diperlukan perubahan proses bisnis menjadi model directed putaway dan directed picking. Pada penelitian ini dikembangkan suatu warehouse management system yang dapat mengakomodasi model directed putaway dan directed picking, dan mengimplementasi pendekatan optimasi tata letak alokasi SKU.

Hasil dari pembangunan warehouse management system ini dapat mempersingkat waktu proses dan juga meningkatkan akurasi pengelolaan gudang khususnya proses inbound dan outbound sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan kapasitas layanan yang dapat diberikan. Sistem yang dirancang juga dapat mengakomodasi lebih dari satu client sehingga dapat mengurangi duplikasi dan meningkatkan akurasi data. Warehouse Management System, Metode Iterative dan Incremental, Framework Code Igniter

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

MEMBANGUN WAREHOUSE MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS WEB DENGAN METODE ITERATIVE INCREMENTAL MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS PENGELOLAAN GUDANG (Study Kasus PT XYZ)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

A.A.B. Dhasta Hariwangsa
Perorangan
Imam Rozali, ST., M.T.; Budi Santosa, S.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini