Audit IT Service Management di Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pertanian RI Berdasarkan Standar ISO/IEC 20000

Muhammad Ihsan Nugraha

Informasi Dasar

116080053
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manajemen layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi sangat penting untuk organisasi/perusahaan yang menggunakan TIK sebagai core business maupun sebagai pendukung pekerjaan. Begitu juga di Kementerian Pertanian RI, yang menggunakan TIK sebagai pendukung organisasi agar pekerjaan dan pemberian layanan pertanian ke masyarakat menjadi semakin mudah, efektif, dan efisien. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin) adalah penanggung jawab dari pelaksanaan manajemen layanan TIK di Kementerian Pertanian, seperti menyediakan layanan data dan informasi pertanian, mengembangkan aplikasi dan website pertanian, serta mengembangkan jaringan komputer.

Semua layanan TIK di Pusdatin membutuhkan penilaian untuk menentukan apakah manajemen layanan TIK yang berjalan sudah sesuai dengan standar. Oleh karena itu, diperlukan audit terhadap manajemen layanan TIK berdasarkan ISO/IEC 20000 karena ISO tersebut merupakan standar penerapan IT Service Management. Dengan dilakukannya audit, Pusdatin dapat mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme kerja dan menerapkan reformasi birokrasi pemerintahan sesuai standar internasional.

Proses audit perlu dikolaborasikan dengan Capability Maturity Model (CMM) sebagai model penilaian kemampuan untuk mengetahui nilai kemampuan Pusdatin dalam memenuhi standar ISO/IEC 20000. CMM mendefinisikan kemampuan suatu kondisi dengan pemberian nilai 0 (Non-Existent) hingga 5 (Optimized). Dari hasil audit manajemen layanan TIK berdasarkan ISO/IEC 20000 dan penilaian Capability Maturity Model (CMM) diperoleh rekomendasi perbaikan untuk mengurangi maturity gap, sehingga Pusdatin mencapai kondisi yang diharapkan sesuai ISO/IEC 20000. Rekomendasi perbaikan dibuat dalam kurun waktu 5 tahun yang dibagi ke dalam 3 periode penerapan rekomendasi, yaitu Periode I (2012-2014), Periode II (2014-2016), dan Periode III (2016-2017). Audit, IT Service Management, ISO/IEC 20000, Capability Maturity Model (CMM)

Subjek

INFORMATION MANAGEMENT
 

Katalog

Audit IT Service Management di Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pertanian RI Berdasarkan Standar ISO/IEC 20000
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Ihsan Nugraha
Perorangan
Avon Budiyono, ST.,MT.; Murahartawaty, ST.,MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini