PEMBANGUNAN PORTAL REVIEW INFRASTRUKTUR PUBLIK INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ITERATIF DAN TEORI CROWDSOURCING

Muhammad Ihsanuddin

Informasi Dasar

116080052
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kota adalah representasi negara. Infrastruktur adalah salah satu sendi penopangnya. Infrastruktur publik adalah segala struktur fisik, fasilitas dan jaringan yang menyediakan layanan penting untuk masyarakat. Kondisi infrastruktur publik dikota-kota Indonesia menjadi perhatian beberapa tahun ke belakang. Pada tahun 2011, kualitas dan kuantitas infrastruktur publik di Indonesia berada dibawah Malaysia dan Thailand. Pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah cenderung flukutatif dan kurang melibatkan semua masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan crowdsourcing dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memberikan solusi terhadap permasalahan pembangunan infrastruktur publik di kota-kota Indonesia.

Crowdsourcing adalah suatu konsep yang digunakan untuk memecahkan masalah secara online. Penelitian ini menggunakan metode iteratif dengan mengkolaborasikan pemerintah dan masyarakat dalam memecahkan masalah pembangunan infrastruktur di perkotaan. Pada tahap inception, perumusan masalah, tujuan penelitian, penentuan batasan sistem dan studi literatur dilakukan. Pada tahap elaboration dilakukan desain sistem menggunakan use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan desain database serta mockup. Pembangunan portal dilakukan pada tahap construction. Kesimpulan dan saran terhadap penelitian ini dilakukan pada tahap transistion dimana portal telah di- deploy di internet.

Pada akhir penelitian ini dapat disimpulkan bahwa portal ini dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyikapi infrastruktur publik dikotanya. Tantangan yang dihadapi adalah bagaimana mengajak pemerintah agar mau berpartisipasi pada portal dan membuat form review yang konsisten dan baik. Beberapa fitur ditambahkan pada portal sebagai implementasi dari saran partisipan. Infrastruktur publik, Crowdsourcing, Portal web, Ide, Review.

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

PEMBANGUNAN PORTAL REVIEW INFRASTRUKTUR PUBLIK INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ITERATIF DAN TEORI CROWDSOURCING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Ihsanuddin
Perorangan
Yuli Adam Prasetyo, ST., MT; Umar Yunan K.S.H, ST, MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini