MEMBANGUN SISTEM INFORMASI E-BUDGETING DENGAN TEKNOLOGI JAVA EE - STRUTS FRAMEWORK UNTUK MENDUKUNG PROSES PENGELOLAAN RKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE DAN INCREMENTAL (STUDI KASUS: INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM)

Liza Ichiana Nizar

Informasi Dasar

116080021
005.262
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Anggaran adalah rencana seluruh kegiatan perusahaan yang dinyatakan dalam unit (satuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu tertentu di masa yang akan datang. Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) merupakan salah satu perguruan tinggi yang melakukan proses penyusunan dan pelaksanaan Rencana Kerja Anggaran (RKA) secara manual. Hal ini menyebabkan tidak adanya transparansi anggaran, proses penyusunan RKA menjadi lambat, serta rekapitulasi data mengenai realisasi penggunaan anggaran tidak bisa dilihat secara realtime.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, diperlukan sebuah sistem informasi anggaran (e-budgeting) yang mengotomatisasi proses penyusunan dan pelaksanaan RKA. Sistem informasi dibangun menggunakan teknologi Java EE dan struts framework dengan metode iterative dan incremental. Sistem informasi memungkinkan diakses oleh banyak user sehingga dikembangkan dengan sistem multitier. Tier yang digunakan berjumlah empat yaitu, client, presentation, business logic, dan database. Selanjutnya sistem diuji dengan melakukan pengujian fungsionalitas sistem.

Hasil dari pembangunan sistem informasi ini dapat mempermudah setiap unit dalam melakukan pengajuan usulan RKA. Selain itu, sistem informasi ini memfasilitasi unit dalam pembuatan laporan realisasi kegiatan dan penggunaan anggaran. Sistem informasi ini juga dapat mempermudah pihak top level management memantau performansi tiap unit dalam melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan dan memantau penyerapan anggaran. e-budgeting, RKA, Java EE, iterative dan incremental, multitier

Subjek

JAVA PROGRAMMING
 

Katalog

MEMBANGUN SISTEM INFORMASI E-BUDGETING DENGAN TEKNOLOGI JAVA EE - STRUTS FRAMEWORK UNTUK MENDUKUNG PROSES PENGELOLAAN RKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE DAN INCREMENTAL (STUDI KASUS: INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Liza Ichiana Nizar
Perorangan
Seno Adi Putra, S.Si, MT ; Wiyono, Ir., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini