PERANCANGAN SISTEM E-COMMERCE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE ITERATIF (STUDI KASUS : TOKO T-OBENK CLOTHING)

ELENA LITA SOVA

Informasi Dasar

116080015
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

T-Obenk merupakan salah satu perusahaan yang fokus pada penjualan kaos oleh-oleh khas Batam, yang saat ini masih memiliki satu buah toko sebagai tempat pemasarannya. Penjualan T-Obenk hanya bergantung pada pelanggan yang datang ke toko, sehingga volume penjualan cenderung tidak stabil dan meningkat pada waktu-waktu tertentu saja seperti pada waktu liburan nasional. Prospek penjualan produk lewat internet bisa dikatakan cukup potensial, mengacu pada data pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun yang jumlahnya selalu meningkat. Berdasarkan hal tersebut, peluang untuk penjualan produk secara online terbuka semakin besar. Suatu sistem yang tepat untuk mengakomodasi penjualan produk secara online adalah e-commerce.

Pada tugas akhir ini dirancang sebuah sistem e-commerce di toko T-Obenk berbasis web dengan menggunakan metode iteratif dan memanfaatkan bahasa pemrograman PHP CodeIgniter. E-commerce tersebut memberikan manfaat tidak hanya bagi perusahaan, tapi juga bagi konsumen. Bagi perusahaan, dengan adanya e-commerce dapat menjangkau pasar yang lebih luas, sebagai media promosi dan pemasaran, serta mengurangi biaya sewa toko, karyawan dan operasional perusahaan. Sedangkan bagi konsumen dapat memberi kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi tanpa adanya batasan waktu ataupun lokasi pelanggan berada selama terdapat akses internet.

Sistem e-commerce di toko T-Obenk yang telah dirancang dan dibangun mampu menangani aktivitas pembelian bagi pelanggan dari dalam maupun luar pulau Batam dengan info produk yang tersedia secara online. Selain itu bagi perusahaan, dengan adanya e-commerce tersebut dapat memudahkan pekerjaan pegawai dalam melayani pelanggan, mengelola stok barang dan pelaporan data, serta meningkatkan daya saing di kalangan kompetitor. Untuk pengembangan lebih lanjut, sebaiknya dapat mengakomodasi proses bisnis yang lain yang melibatkan supplier, partner konsinyasi, dan pihak ekspedisi serta dapat menyediakan alternatif lain untuk pelanggan yang ingin mengakses e-commerce tersebut misalnya menggunakan teknologi berbasis mobile. E-commerce, perancangan sistem, PHP CodeIgniter

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM E-COMMERCE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE ITERATIF (STUDI KASUS : TOKO T-OBENK CLOTHING)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELENA LITA SOVA
Perorangan
AVON BUDIYONO, ST., MT.; SARI WULANDARI ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini