MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN OBAT MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE DAN INCREMENTAL PADA PUSKESMAS BOJONGSOANG KABUPATEN BANDUNG

NURDHITA LESTARI PERMATA MUIS

Informasi Dasar

116080012
005
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengelolaan obat di puskesmas merupakan serangkaian aktivitas yang terdiri dari proses pengajuan permintaan, penerimaan, pengeluaran/distribusi, dan pelayanan resep pasien. Puskesmas Bojongsoang merupakan salah satu puskesmas yang ada di Kabupaten Bandung yang melakukan proses pengelolaan obat secara manual. Proses pengelolaan obat yang masih dilakukan secara manual ini memiliki beberapa kelemahan antara lain pemantauan stok obat tidak dapat dilakukan secara realtime dan banyaknya penggunaan kertas kerja.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan sebuah sistem informasi dengan memanfaatkan teknologi internet. Sistem informasi ini dibangun dengan menggunakan framework codeigniter dengan metode iterative dan incremental. Sistem informasi yang dibangun mengacu pada proses bisnis yang ada di Puskesmas Bojongsoang. Dalam pengujian sistem ini menggunakan metode blackbox testing dan user acceptance test. Proses pengujian user acceptance test dilakukan oleh Bagian Obat Puskesmas Bojongsoang yang merupakan user yang memiliki peran yang paling dominan dalam sistem informasi ini.
Hasil dari pembangunan sistem informasi ini dapat mempermudah sumber daya manusia yang terlibat dalam proses pengelolaan obat di puskesmas. Sistem informasi ini memudahkan Bagian Obat Puskesmas dalam melakukan pengajuan permintaan obat dan pelayanan resep pasien. Selain itu, sistem informasi ini juga dapat menampilkan grafik, melakukan pencetakan dokumen, dan melakukan export ke excel sehingga memudahkan pekerjaan user. Pengelolaan obat, puskesmas, codeigniter, iterative dan incremental.

Subjek

COMPUTER PROGRAMS
 

Katalog

MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN OBAT MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE DAN INCREMENTAL PADA PUSKESMAS BOJONGSOANG KABUPATEN BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURDHITA LESTARI PERMATA MUIS
Perorangan
Imam Rozali, ST.,MT; Pitrasacha Aditya, ST.,MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini