Mmebangun Sistem Informasi Penerapan Framework ITIL (Information Technology Infrastructure Library) Versi III Dengan Metode Iterative dan Incremental (Studi Kasus : Institut Teknologi Telkom)

Alifia Palace Arnandani

Informasi Dasar

116080006
005
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi (TI) yang ada di dunia ini berjalan dengan pesat. Hal tersebut sangat berpengaruh pada proses penyampaian informasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah proses penyampaian informasi yang terjadi di perguruan tinggi. TI menjadi salah satu faktor yang sangat penting bagi suatu perguruan tinggi dalam menunjang seluruh proses bisnis yang ada di dalamnya. Untuk memberikan layanan teknologi informasi yang maksimal kepada pelanggannya, dibutuhkan sebuah strategi pelayanan (service strategy) yang baik. Untuk menciptakan service strategy yang baik dibutuhkan tata kelola layanan (e-governance) yang baik pula. Oleh karena itu, e-governance TI merupakan aktifitas penting dalam sebuah perguruan tinggi.

Berdasarkan hasil wawancara dengan divisi Information Technology (IT) di IT Telkom, yaitu Sistem Informasi (SISFO) IT Telkom, masih ada beberapa komplain mengenai layanan IT yang selama ini mereka selenggarakan. Salah satu contohnya adalah masih ada sekitar 30% komplain yang diterima SISFO IT Telkom, untuk layanan / aplikasi baru yang sudah di-launching kepada civitas akademika IT Telkom. Atas dasar itulah kebutuhan sistem informasi penerapan framework ITIL Versi III di IT Telkom menjadi penting.

Dalam pembuatan tugas akhir ini penulis akan membangun sistem informasi penerapan framework ITIL Versi III dengan teknologi Java Enterprise Edition yang mengimplementasikan arsitektur multitier dan metode iterative dan incremental. Sistem informasi penerapan framework ITIL Versi III yang dibangun dalam riset ini memiliki tiga fitur utama, yaitu Demand Management For IT Service, Financial Management For IT Service, dan Service Portfolio Managemen For IT Service. sistem informasi penerapan framework ITIL Versi III, e-governance, arsitektur multitier, Java Enterprise Edition

Subjek

INFORMATION TECHNOLOGY
 

Katalog

Mmebangun Sistem Informasi Penerapan Framework ITIL (Information Technology Infrastructure Library) Versi III Dengan Metode Iterative dan Incremental (Studi Kasus : Institut Teknologi Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Alifia Palace Arnandani
Perorangan
Seno Adi Putra, S.Si, MT; Imam Rozali, ST, MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini