PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSEDIAAN DI GUDANG OBAT BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BANDUNG)

Muhammad Amin W U

Informasi Dasar

116080005
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Setiap gudang membutuhkan pengendalian yang bisa membuat barang yang ada di gudang tersebut bisa sesuai dengan catatan. Dengan kata lain tidak terjadi kekurangan persediaan (stock out). Tidak terkecuali gudang obat yang ada di rumah sakit yang menyimpan barang-barang (consumable parts) kebutuhan operasional rumah sakit. Safety Stock dapat membantu meminimalisir kejadian seperti itu dan bisa membantu kepala gudang dalam membuat kebijakan ke depannya. Proses pengadaan di gudang obat juga cukup unik, karena pembelian barang dilakukan setiap periode satu bulan dan ketika stok hampir habis tanpa melihat adanya stok minimum. Oleh sebab itu pengadaan harus bisa memenuhi kebutuhan selama satu periode itu. Saat ini, proses bisnis yang dilakukan masih menggunakan sistem manual/konvensional. Hal ini menyebabkan proses yang ada membutuhkan waktu, sumber daya manusia, dan biaya yang mahal, serta konsistensi dan akurasi data yang lemah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan adanya suatu sistem informasi manajemen persediaan yang dapat melakukan proses penginputan, pengumpulan, pengolahan, dan penyajian/pelaporan data gudang obat yang baik, untuk proses di gudang obat maupun untuk pengadaannya. Pembangunan sistem informasi manajemen persediaan gudang obat rumah sakit ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall, dengan analisis dan perancangan sistem menggunakan UML, serta PHP dan SQL sebagai bahasa pemrograman yang dipakai.

Hasil dari pembangunan sistem informasi manajemen persediaan gudang obat rumah sakit ini dapat mempermudah bagian gudang obat dan bagian yang terkait untuk mempercepat proses bisnis dan dapat membuat laporan dengan cepat, hemat, serta data yang valid. Manajemen Persediaan, safety stock, gudang obat, consumable parts, pengadaan, rumah sakit, waterfall, UML, PHP.

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSEDIAAN DI GUDANG OBAT BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Amin W U
Perorangan
Riza Agustiansyah, S.T., M.Kom.; Nia Ambarsari,ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini