DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALI PINTU OTOMATIS BERBASIS LOGIKA SAMAR

GINGGI BUDIMAN

Informasi Dasar

115101075
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini pintu otomatis banyak digunakan pada tempat-tempat yang memiliki mobilitas pengunjung yang tinggi seperti mall, gedung perkantoran, hotel, dan lain lain. Penggunaan pintu otomatis mampu membantu pengunjung agar dapat dengan mudah masuk ke tempat yang dituju meskipun kondisi pengunjung sedang padat. Akan tetapi, pintu otomatis yang ada saat ini tidak dapat mengatur bukaan pintu sesuai dengan yang diinginkan sehingga pintu harus selalu terbuka penuh sekalipun jumlah pengunjung yang akan masuk sedikit.
Tugas akhir ini membuat desain dan implementasi sebuah sistem yang mampu mengatur arah dan lebar bukaan pintu otomatis dengan menggunakan logika samar yang diterapkan pada Arduino Uno. Logika samar yang diterapkan menggunakan dua input yaitu jumlah objek dan arah objek. Untuk pendeteksian objek, tugas akhir ini menggunakan sensor passive infra red yang terhubung langsung ke Arduino Uno. Nilai-nilai hasil pendeteksian sensor passive infra red disimpan dalam bentuk array untuk kemudian diolah kembali agar mendapatkan informasi mengenai jumlah objek dan arah objek yang akan masuk.
Sistem telah diimplementasikan dan diuji untuk mengetahu seberapa baik hasil dari implementasi logika samar metode sugeno pada Arduino Uno untuk mengontrol arah dan lebar bukaan pintu otomatis. Dari hasil pengujian, sistem memiliki akurasi hinggadapat mencapai 93,75%. Hasil pengujian dan analis membuktikan bahwa implementasi logika samar untuk pengaturan arah dan lebar bukaan pintu otomatis yang dirancang dapat bekerja dengan baik.
pintu otomatis, logika samar, sensor passive infra red, ArduinoUno

Subjek

Automatic control
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALI PINTU OTOMATIS BERBASIS LOGIKA SAMAR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GINGGI BUDIMAN
Perorangan
Ir. Porman Pangaribuan, MT; Budi Setiadi, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini