PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KONTROL OPTIMAL LINEAR QUADRATIC REGULATOR (LQR) PADA MOTOR DC DENGAN IDENTIFIKASI AUTO REGRESSIVE EXOGENOUS (ARX)

ANGGA PRASETYO NARWANTO

Informasi Dasar

115101073
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem kontrol yang baik adalah sistem kontrol yang memiliki respon yang cepat dan stabil. Hal tersebut dapat diketahui dari indeks performansi sistem. Pada Tugas Akhir ini digunakan kontrol optimal Linear Qudratic Regulator (LQR) sebagai siatem pengendali. Untuk pemodelan matematis plant digunakan identifikasi Auto Regressive eXogenous (ARX).
Dari hasil pengujian dan analisis pemodelan matematis plant dengan identifikasi Arx orde [1 1 1] menghasilkan best fit sebesar 91,82 dan hasil validasi terhadap respon motor yang sebenarnya didapat root mean square error pemodelan sebesar 2,4406 % dan tidak terdapat penambahan orde pada fungsi transfer plant yang diidentifikasi.
Implementasi kontrol optimal LQR pada motor DC bekerja cukup baik dengan overshoot, rise time, settling time, dan steady state error sesuai dengan indeks performansi yang ditentukan. Performansi sistem menunjukkan nilai terbaik saat nilai Q = [0,85] dan nilai matrik penguat umpan balik K = 0,6269 dengan spesifikasi nilai settling time 0,4436 detik, rise time 0,2121 detik, persentase overshoot 2,119 %, dan steady state error 0,204 % . Hal tersebut menunjukkan bahwa perancangan sistem dengan nilai Q = [0,85] menghasilkan perfomansi yang lebih baik dari performansi yang diharapkan. Motor DC, LQR, ARX

Subjek

Automatic control
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KONTROL OPTIMAL LINEAR QUADRATIC REGULATOR (LQR) PADA MOTOR DC DENGAN IDENTIFIKASI AUTO REGRESSIVE EXOGENOUS (ARX)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANGGA PRASETYO NARWANTO
Perorangan
ERWIN SUSANTO, ST., MT., PhD.; ANGGA RUSDINAR, ST., MT., PhD.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini