KONTROL MOTOR DC PADA TURNTABLE MENGGUNAKAN TEKNIK LOGIKA FUZZY

FADLI KURNIA RAMHAT TARIGAN

Informasi Dasar

115091015
621.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Tugas akhir ini bertujuan untuk mengendalikan motor DC menggunakan teknik kendali logika fuzzy pada turntable (pemutar piringan hitam).Pada saat ini pengaturan kecepatan turntable hanya berfokus pada perbandingan roda gigi saja, karena itu penulis menggunakan kendali logika fuzzy sebagai pengendali kecepatan motor DC pada turntable.Kendali logika fuzzy yang digunakan merupakan sistem kendali modern yang mudah karena tidak perlu mencari model matematis dari sistem, tetapi tetap efektif karena memiliki respon sistem yang stabil.
Dalam tugas akhir ini dibuat sistem pengatur kecepatan rotasi motor DC menggunakan sistem logika fuzzy. Sistem kendali yang dibuat mempunyai fungsi keanggotaan untuk input dan output, pulsa yang diberikan pada motor berupa PWM (Pulse Width Modulation). Input setting pointakan diberikan dan diolah oleh mikrokontroler dan hasil keluaran berupa kecepatan putaran motor DC. Kecepatan motor DC akandisensor oleh encoder yang digunakan sebagai umpan balik dalam sistem kendali.

 Pengujian sistem dilakukan dengan memberi beban berupa massa dan diameter piringan hitam yang berdeda-beda. Dari tiga kali percobaan didapatkan rata-rata respon tangga satuan seperti rise time (tr): 30 ?s,peak time (tp): 60 ?s,delay time (td): 120 ?s dan setteling time (ts): 200 ?s. Dengan hasil yang didapat disimpulkan bahwa sistem yang dibuat stabil, ada pun over shoot yang tinggi tapi dapat diredam dengan cepat dengan waktu tara-rata 60 ?s.


Kata Kunci :Logika fuzzy, Turntable, PWM (Pulse Width Modulation), rise time (tr), maximum overshoot (Mp), peak time (tp),delay time (td), setteling time (ts), encoder

Subjek

ELECTRICAL ENGINEERING
 

Katalog

KONTROL MOTOR DC PADA TURNTABLE MENGGUNAKAN TEKNIK LOGIKA FUZZY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADLI KURNIA RAMHAT TARIGAN
Perorangan
PORMAN PANGARIBUAN; BUDI SETIADI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini