DESAIN DAN IMPLEMENTASI SPEAKER ADAPTIF TERHADAP KEBISINGAN LINGKUNGANNYA MENGGUNAKAN METODA FUZZY LOGIC

I Putu Agus Soni Aniarta

Informasi Dasar

115091005
629.895
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK
Tingkat sensitifitas dari pendengaran manusia sangat terbatas. Seringkali manusia lambat untuk merespon adanya perubahan kecil pada lingkungannya. Begitu pula saat mendengarkan suara dari speaker . Saat terjadinya perubahan kebisingan lingkungan, tingkat suara dari speaker akan terdengar menjadi lebih keras maupun lebih lemah dari tingkat yang sebenarnya. Sebabnya manusia akan lambat merespon perubahan tersebut akibat tingkat sensitifitas pendengaran yang terbatas . Saat mendengarkan suara, manusia lebih cenderung fokus terhadap informasi yang terkandung dalam suara tersebut sehingga melupakan seberapa besar volume dari suara tersebut. Setelah terasa volume dari suara t erlalu kecil maupun keras barulah mereka sadar akan volume suara yang mereka dengarkan , padahal perubahan tersebut sudah terjadi beberapa saat yang lalu.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuat sebuah speaker yang dapat mengatur volumenya sendiri b erdasarkan atas tingkat kebisingan lingkungan sekitarnya. Konsep yang digunakan adalah dengan mengolah masukan sensor suara pada saat speaker tidak mengeluarkan suara atau tegangannya sama dengan nol. Sehingga suara yang dideteksi oleh sensor suara merupak an suara kebisingan yang sesungguhnya. Kemudian Atmega16 digunakan untuk melakukan proses pengolahan perubahan besarnya volume dengan metoda fuzzy logic . Nilai perubahan volume tersebut akan dikirimkan ke potentiometer digital AD8403 sebagai pengganti pote ntiometer analog.
Dari hasil pengujian didapatkan error terbesar pada pengukuran nilai potentiometer digital AD8403 yaitu sebesar 3 % dengan error

rata

rata sebesar 0,45% . Error terbesar pada sistem fuzzy yaitu sebesar 7% dengan error

rata

rata sebesar 2,28%. .
speaker , mikrokontroler, suara, potentiometer digital, fuzzy logic

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI SPEAKER ADAPTIF TERHADAP KEBISINGAN LINGKUNGANNYA MENGGUNAKAN METODA FUZZY LOGIC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I Putu Agus Soni Aniarta
Perorangan
M. Sarwoko; Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini