IMPLEMENTASI KOMUNIKASI UNTUK NCS ( NETWORKED CONTROL SYSTEM) BERBASIS JARINGAN INTERNET

BONDAN SETYO WIBOWO

Informasi Dasar

115090115
629.89
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

NCS (Networked Control System) adalah jenis sistem kontrol dimana sensor, aktuator, dan pengendali saling terhubung oleh jaringan komunikasi yang real time. Teknologi ini memberikan beberapa keuntungan yaitu dapat mengurangi kompleksitas dalam koneksi kabel, memungkinkan transfer data jarak jauh, dan memberikan kemudahan dalam pemeliharaan perangkat. Peningkatan kecepatan akses data, cakupan wilayah yang luas, kompatibilitas perangkat keras untuk mengakses internet serta infrastruktur jaringan yang mapan menjadikan internet sebagai media yang ideal untuk digunakan sebagai media transmisi kontrol jarak jauh pada perangkat industri.

Pada Tugas Akhir ini, dibangun sebuah jaringan komunikasi untuk sistem kontrol melalui media internet. Hubungan komunikasi yang dibentuk yaitu hubungan antar dua komputer dimana salah satu komputer berfungsi sebagai master Controller dan yang lainnya sebagai slave Controller. Melalui beberapa skenario pengujian, maka diharapkan akan didapatkan skenario yang terbaik. Dengan terbentuknya jaringan komunikasi akan dianalisa besarnya delay, throughput dan packet drop dalam jaringan tersebut melalui media internet.

Melalui data average delay yang telah didapatkan maka didapatkan average delay diantara 0,7945 s - 0.9926 s untuk UDP dan 3.4355 s - 3.6800 s untuk TCP. Dengan menganalisa melalui percobaan dengan menggunakan sebuah conveyer, sebuah pneumatik, dan sebuah sensor ketinggian yang dikontrol oleh PLC melalui jaringan maka didapatkan kriteria delay dengan menggunakan jaringan internet yang digunakan untuk payload antara 100 byte hingga 1000 byte yaitu kurang dari 1 s. Maka jaringan internet yang digunakan termasuk dalam kondisi tingkat akurasi controller lebih dari 75% atau “BAGUS”. NCS (Networked Control System), jaringan, internet

Subjek

Computer control
 

Katalog

IMPLEMENTASI KOMUNIKASI UNTUK NCS ( NETWORKED CONTROL SYSTEM) BERBASIS JARINGAN INTERNET
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BONDAN SETYO WIBOWO
Perorangan
M. Ary Murti; Firman Prima
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini