DESAIN DAN IMPLEMENTASI KAMERA PENJEJAK TEKS BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL

Muhammad Asyhar Beny Setiawan

Informasi Dasar

115090110
621.367
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini bidang Computer Vision semakin berkembang pesat. Dimana semakin banyak sistem yang memanfaatkan teknologi ini. Mulai dari pengolahan citra sederhana hingga sistem yang mampu menampilan visualisai 3D seperti pada Google Earth. Selain itu teknologi ini juga dapat dimanfaatkan pada sistem rekognisi seperti rekognisi objek, wajah dan juga karakter.
Pada Tugas Akhir ini dibuat sebuah sistem yang mampu mengenali dan mengikuti pergerakan dari teks. Teks yang dideteksi berasal dari citra yang ditangkap oleh webcam secara real time. Pada sistem rekognisi karakter digunakan Optical Character Recognition (OCR) Engine yang dikembangkan oleh Google, yaitu Tesseract OCR. Ketika teks yang terbaca sama dengan teks input, maka motor servo akan menggerakkan webcam sesuai dengan arah pergerakan teks tersebut.
Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa kecepatan frame rate dipengaruhi oleh intensitas cahaya yang ditangkap oleh webcam. Sistem dapat mendeteksi rectangle secara maksimal pada intensitas cahaya terendah yaitu 6 lux. Rata-rata delay yang terjadi mulai dari sistem mendeteksi rectangle hingga sistem menggerakkan motor servo yaitu 0,1362 detik. Waktu rata-rata yang dibutuhkan motor servo untuk mencapai sudut 90° yaitu 19,72867 detik, di mana waktu tercepat yaitu 16,21 detik dan waktu terlama yaitu 27,12 detik. Akurasi pendeteksian rectangle yaitu 100% pada pengujian terhadap intensitas cahaya 10, 100, dan 500 lux. Pada pengujian tracking terhadap objek teks, sistem mampu mendeteksi posisi dan menggerakkan motor servo dengan akurasi 100%. Tracking Camera, OpenCV, C++, Tesseract OCR, Character Recognition

Subjek

IMAGE PROCEESING
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI KAMERA PENJEJAK TEKS BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Asyhar Beny Setiawan
Perorangan
Bambang Hidayat; Erwin Susanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini