Design Prototype Sistem Bel Penerima Tamu pada rumah kos Berbasis Mikrokontroler

Dewi Utami

Informasi Dasar

115090107
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sekarang ini kebanyakan rumah kos belum memiliki sistem yang memudahkan penghuninya untuk menerima tamu. Namun demi menjaga keamanan biasanya pintu depan yang letaknya jauh dari kamar selalu dalam keadaaan terkunci. Hal ini akan mempersulit penghuni untuk membukakan pintu untuk tamunya. Karena itu dirancanglah sebuah alat penerimaan tamu berbasis mikrokontrole. Salah satu teknologi yang berkembang dengan sangat cepat sehingga dapat dimanfaatkan untuk solusi masalah tersebut adalah mikrokontroler. Mikrokontroler merupakan salah satu sistem komputer fungsional yang terdapat pada sebuah chip.

Alat ini ditempatkan di setiap kamar pada rumah kos. Sebagai penghubung dengan tamu yang berada diluar alat ini juga ditempatkan di bagian depan rumah. Sehingga penghuni kos bisa langsung berkomunikasi dengan tamunya dengan mengetikan karakter pada keypad yang tersedia di setiap perangkat. LCD bertugas untuk menampilkan setiap kata yang diketik maupun diterima. Penghuni kos juga bisa membuka kunci pintu gerbang melalui tombol buka kunci yang ada pada perangkat di dalam kamarnya.

Sistem ini terdiri dari dua jenis perangkat berbasis mikrokontroler yang dihubungkan dengan mode komunikasi serial UART. Performansi sistem yang telah dibuat adalah Fitur komunikasi serial antar mikrokontroler uart dengan mode ttl pada sistem bel penerima tamu pada rumah kos berbasis mikrokontroler memberikan tingkat keberhasilan 100% pada panjang kabel 20cm. Fitur komunikasi serial uart dengan mode ttl pada sistem bel penerima tamu ini memiliki batas panjang kabel 200cm. Daya yang dibutuhkan ketika sistem diberi catuan tetapi tidak mengaktifkan apapun adalah 0,7168 watt, sedangkan ketika terjadi pemanggilan (buzzer aktif) adalah 0,7758 watt, ketika led indikasi kunci pintu menyala daya yang dibutuhkan adalah 0,7709 watt dan ketika terjadi pengiriman data daya yang dibutuhkan adalah 0,7168 watt. Baudrate maksimum yang dapat digunakan pada sistem ini adalah 57,6 Kbit/s mikrokontroler , uart , LCD

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

Design Prototype Sistem Bel Penerima Tamu pada rumah kos Berbasis Mikrokontroler
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dewi Utami
Perorangan
M Sarwoko; Apip Badarudin
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini