KONTROL KECEPATAN MOTOR INDUKSI TIGA FASA MENGGUNAKAN TEGANGAN DAN FREKUENSI DENGAN MODULASI VEKTOR RUANG

DWI SASMITA AJI PAMBUDI

Informasi Dasar

115090096
621.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan motor induksi banyak diaplikasikan di berbagai sektor industri. Sebab, motor induksi memiliki karakteristik yang kokoh, relatif murah dan mudah dalam perawatannya. Di samping hal tersebut, motor induksi juga memiliki kelemahan yaitu sulit dalam pengontrolannya. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakan teknik pengontrolan motor induksi tiga fasa yang lebih populer yaitu kontrol tegangan dan frekuensi atau lebih dikenal sebagai Kontrol Volt/Hertz. Metode kontrol tersebut mampu menjaga performansi sistem, yaitu menjaga besarnya fluks agar tetap konstan. Dengan metode kontrol tersebut, pengontrolan besarnya tegangan dan frekuensi dilakukan secara bersamaan dan proporsional, dengan demikian nilai torsi maksimum selalu tetap bernilai konstan.

Sistem kontrol putaran motor ditanamkan pada mikrokontroler STM32F100 untuk mengatur pembangkitan pulsa pada IGBT di inverter dengan metode Modulasi Ruang Vektor (Space Vector Modulation) yang didasarkan pada urutan pensaklaran inverter tiga fasa sumber tegangan (Voltage Source Inverters). Pada pemberian pulsa PWM dilakukan pengaturan variabel waktu yang menentukan lebar pulsa dari tiap-tiap pulsa PWM. Kontrol sistem dilakukan secara loop terbuka tanpa ada umpan balik. Loop terbuka dilakukan dengan mengubah-ubah nilai set point kecepatan yaitu mengatur nilai frekuensi yang secara bersamaan mengatur nilai tegangan sesuai nilai indeks modulasi.

Penggunaan kontrol skalar Volt/Hertz mampu menahan lonjakan arus mula motor saat motor mulai dijalankan secara langsung yaitu arus mula motor sebesar 3,12 A dapat ditekan menjadi ? 2,9 A. Nilai rata-rata error pengukuran pada pengujian kecepatan motor sesuai dengan nilai faktor slip yaitu sebesar 6%. Nilai kecepatan motor yang dihasilkan memiliki hubungan yang linier dengan nilai frekuensi yang diberikan. Semakin kecil nilai tegangan keluaran pada inverter, maka semakin besar nilai THD dan semakin besar harmonisa yang dihasilkan oleh motor yang menyebabkan motor tidak dapat bekerja secara optimal. Implementasi sistem kontrol terbuka memberikan rata-rata nilai error 1,935%. Motor Induksi, Kontrol Volt/Hertz, Mikrokontroler STM32F100, Inverter, Modulasi Ruang Vektor

Subjek

CONTROLLING
 

Katalog

KONTROL KECEPATAN MOTOR INDUKSI TIGA FASA MENGGUNAKAN TEGANGAN DAN FREKUENSI DENGAN MODULASI VEKTOR RUANG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DWI SASMITA AJI PAMBUDI
Perorangan
M. SARWOKO; EKKI KURNIAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini